Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Awas! Sekarang Kamera CCTV E-TLE Makin Canggih, Begini Cara Kerjanya

M. Adam Samudra - Kamis, 2 Mei 2019 | 09:00 WIB
Kamera CCTV tilang elektronik di Jakarta
Kompas.com
Kamera CCTV tilang elektronik di Jakarta

GridOto.com - Belum lama ini Ditlantas Polda Metro Jaya menambah teknologi canggih di CCTV dengan sistem check point & speed radar, di Jalan Sudirman Thamrin Jakarta Pusat.

Menanggapi hal ini, pengamat Transportasi Budiyanto mengatakan pengembangan jumlah CCTV dengan teknologi canggih diharapkan hasilnya akan lebih efektif.

"Dari aspek kuantitatif hasilnya akan lebih banyak dan tentu hasilnya akan lebih valid, sehingga terverifikasi dengan baik. Semoga mampu menghindari penyalah gunaan wewenang," ucap Budiyanto, Kamis (2/5/2019).

Menurut data Polda Metro Jaya, sejak sistem E-TLE diberlakukan tanggal 25 November 2018- Februari 2019 terjadi penurunan angka pelanggaran 44,2 persen.

(Baca Juga : Polisi : Pengendara Inginnya Cepat Sampai, Padahal Risiko di JalanTinggi)

Budiyanto yang juga mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya menambahkan, bahwa sekarang sudah ada peningkatan jenis kamera dan dipasang di sepanjang jalur Sudirman-Thamrin dari Harmoni hingga ke Senayan.

Saat ini, diketahui Ditlantas Polda Metro Jaya menambah 10 kamera pemantau (Closed Circuit Television/CCTV) di sepanjang Sudirman-Thamrin.

Hal ini mampu memperkuat dua kamera sebelumnya yang sudah ada di kawasan Simpang Sarinah dan Simpang Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

Peningkatan sistem perangkat E-TLE di sepanjang Sudirman-Thamrin saat ini, meliputi tiga jenis kamera antara lain:

(Baca Juga : Catat! Hari Ini Polisi Gelar Razia Besar-besaran Sampai Pekan Depan)

1. Kamera ANPR.

Merupakan kamera yang secara otomatis dapat mendeteksi jenis pelanggaran marka dan rambu lalu lintas, serta mendeteksi plat nomor kendaraan untuk kemudian disinkronkan dengan database kendaraan.

2. Kamera check point.

Merupakan kamera yang secara otomatis dapat mendeteksi jenis pelanggaran ganjil genap, tidak menggunakan sabuk keselamatan, dan penggunaan handphone, serta terkoneksi dengan database kendaraan.

3. Speed radar

Merupakan sensor yang dikoneksikan dengan kamera check point untuk mendeteksi kecepatan kendaraan yang melintas secara seketika (real time), sehingga secara otomatis akan memberikan sinyal capture bagi kendaraan yang melebihi batas kecepatan.

Ditlantas Polda Metro Jaya menyatakan, penindakanan plat nomor ganjil genap di jalan Sudirman-Thamrin melalui sistem tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/E-TLE) akan diberlakukan pada awal Mei 2019 ini.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa