Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Blak-blakan Vincent Lo: Punya Peran Penting untuk Safety, Kesadaran Masyarkat Akan DVR Masih Rendah

Muhammad Ermiel Zulfikar - Senin, 29 April 2019 | 20:50 WIB
Vincent Lo, selaku Direktur PT. Sarana Berkat saat ditemui GridOto.com dalam rubrik blak-blakan.
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Vincent Lo, selaku Direktur PT. Sarana Berkat saat ditemui GridOto.com dalam rubrik blak-blakan.

GridOto.com - Saat ini fitur-fitur keamanan pada mobil semakin beragam seiring dengan perkembangan teknologi, salah satunya adalah penggunaan Digital Video Recorder yang akrab disebut dengan DVR atau camera dashcam.

DVR ini biasanya diletakkan di dalam mobil, yang berfungsi merekam atau membatu pengawasan terhadap segala kejadian yang terjadi selama perjalanan.

"Nah sebenarnya fungsi DVR itu untuk apa? untuk safety, kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kan jadi ada bukti," kata Vincent Lo, selaku Direktur PT. Sarana Berkat, distriburtor resmi merek Hella di Indonesia.

"Saat ini DVR banyak ragamnya, ada yang merekam terus menerus, ada yang bisa otomatis untuk looping, dan ada juga yang benar-benar merekam ketika kendaraan terjadi benturan," imbunya saat ditemui GridOto.com beberapa waktu lalu.

(Baca Juga : Blak-blakan Winston Wiyanta: Meski Berstatus Anak Pemilik Perusahaan, tapi Memulai Karir dari Bawah)

Meski begitu, lebih lanjut Vincent menyayangkan akan kesadaran masyarakat di Indonesia akan fitur tersebut masih terbilang minim.

Bahkan, dalam penggunaanya DVR ini kadang diplesetkan ke hal-hal yang negatif.

Padahal dengan camera dashcam ini bisa menjadi barang bukti untuk membela diri jika terjadi suatu hal yang tidak di inginkan pada saat di jalan.

"Contoh kesadaran pengemudi untuk memiliki DVR ini masih rendah, belum sampai di taraf tinggi seperti di negara-negara Asia lainnya," kata Vincent lagi.

"Bagaimana diterapkan di undang-undang kita belum tahu, tapi kan ini bisa jadi sedikit bukti untuk membela diri (jika memang tidak salah). Apalagi kondisi lalu lintas seperti di Jakarta ini (yang padat)," tutupnya.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa