Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wow! Tol Pekanbaru-Dumai Dilengkapi Lima Terowongan Perlintasan Gajah

Ilham Fariq M - Selasa, 12 Maret 2019 | 15:30 WIB
Tol Pekanbaru-Dumai akan dilengkapi lima terowongan untuk perlintasan gajah.
dok. PUPR
Tol Pekanbaru-Dumai akan dilengkapi lima terowongan untuk perlintasan gajah.

GridOto.com- Pernah mendengar istilah ecopassage atau wildlife crossing? Istilah ini digunakan untuk menyebut struktur yang dibangun sebagai bentuk perlintasan satwa liar agar meminimalisir dampak pembangunan di habitatnya.

Nah, berbeda dengan bentuk proyek tol lainnya, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai akan cukup istimewa karena akan mengadopsi wildlife crossing, Sob.

Dalam jaringan Tol Trans Sumatera ini diracang agar dapat mengakomodasi keanekaragaman hayati Pulau Sumatera atau Sumatera Biodiversity.

Sebagai detailnya seksi IV dan V dari Tol Pekanbaru-Dumai akan melewati kawasan habitat gajah Balai Raja di Kecamatan Pinggir, Kabupaten Siak yang diperkirakan habitat dari 25 ekor gajah.

(Baca Juga : Keren! Yogyakarta Bakal Punya Underpass Terpanjang di Indonesia, Simak Videonya)

Tol Pekanbaru-Dumai membentang sepanjang 131,48 kilometer. Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT)-nya diteken pada 20 April 2016.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menuturkan, proyek jalan bebas hambatan ini akan dilengkapi dengan lima terowongan gajah.

Terowongan ini, lanjut Danang, terutama dibangun di kantong-kantong habitat gajah seperti Balai Raja, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Siak.

PT Hutama Karya (Persero) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), menurut Danang, telah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Bina Marga, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau (BBKSDA), dan World Wild Fun (WWF) untuk membangun jalur perlintasan gajah.

Editor : Fendi
Sumber : Kompas.com,Instagram.com/kemenpupr,Tribunmedan.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa