Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mantap! Menhub Pasang Stiker Menyala di Badan Truk

M. Adam Samudra - Senin, 10 Desember 2018 | 11:17 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat pasang Fluorescent sticker
BKIP Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat pasang Fluorescent sticker

GridOto.com - Mobil  truk pengangkut barang yang melintasi jalan pada malam hari banyak kerap diresahkan sejumlah pengendara lain.

Betapa tidak, keberadaan truk yang berhenti kerap tak terlihat sehingga menimbulkan kemacetan arus lalu lintas dan rawan terhadap kecelakaan lalulintas.

Apalagi jumlah kendaraan semakin meningkat.

Demi keamanan, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memasang sticker safety reflective pada badan truk sebagai simbol keselamatan di jalan.

(BACA JUGA: Kemenhub Komitmen Tingkatkan Keselamatan di Tol Trans Jawa)

"Safety is a must. Nah truk-truk ini harus dicontoh bahwa mereka pasang sticker, artinya ini kendaraan yang melalui lintasan dan menandai dirinya," kata Budi di Jakarta, Senin (10/12/2018).

"Dengan scotlite itu kan orang melihat 'oh ada truk', jadi hal yang kecil seperti itu adalah dalam rangka menciptakan keselamatan," ucap Budi.

Penggunaan stiker yang bisa berpendar jika tersorot oleh lampu ini dirasa sangat bermanfaat, terutama saat malam hari.

Kebanyakan truk dan bus hanya menggunakan lampu kecil atau mata kucing di beberapa sudut mobil, dengan stiker ini diharapkan bentuk mobil secara keseluruhan bisa terlihat meski keadaan sedang gelap.

(BACA JUGA: Dilema Letak Pelat Nomor Moge di Depan, Ini Tanggapan Polisi)

Sebelumnya, Direktur Pembinaan Keselamatan Perhubungan Darat Kemenhub, Mohamad Risal Wasal mengatakan sudah mencanangkan regulasi ini sejak jauh hari.

“Selain batas maksimal, batas minimal juga sedang kami pelajari. Banyak truk dan bus berjalan pelan di Tol, selain bikin macet, juga bisa bikin kecelakaan," kata Risal kepada GridOto.com belum lama ini.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa