Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Transmisi Otomatis Model Paling Populer, Cuma Gara-Gara Ini Saja

Radityo Herdianto - Jumat, 7 Desember 2018 | 12:00 WIB
Tuas Transmisi Otomatis Toyota C-HR yang Memiliki Model Straight
Agus Salim
Tuas Transmisi Otomatis Toyota C-HR yang Memiliki Model Straight

GridOto.com-Salah satu model alur pemindah tuas transmisi otomatis adalah straight atau lurus (straight automatic transmission).

Alur pemindah transmisi otomatis model straight atau yang lurus ini diterapkan di sebagian besar mobil di dunia alias paling populer.

"Model ini banyak diterapkan di banyak merek mobil karena lebih memberikan kemudahan dan kenyamanan saat dioperasikan," ujar Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel Worner Matic Bintaro, Tangerang Selatan kepada GridOto.com (5/12).

Salah satu yang menjadi ciri khas straight automatic transmission adalah kehadiran tuas atau kenop pengunci yang bisa ditekan.

Tuas ini merupakan fitur pengaman untuk perpindahan transmisi.

Transmisi otomatis model straight atau lurus
Transmisi otomatis model straight atau lurus

(BACA JUGA: Tombol Pengunci di Tuas Transmisi Otomatis, Ini Cara Pakai yang Benar)

"Tujuannya adalah untuk mencegah transmisi berpindah ke arah atau gerak yang berlawanan yang menyebabkan kerusakan komponen girboks," jelas Hermas.

Pasalnya, bentuk yang hanya lurus ini jika tidak disematkan tuas pengunci akan berpotensi besar tersenggol dan berpindah gigi secara tidak sengaja.

Misalkan dari posisi P (Park/Parkir) ke R (Reverse/Mundur) atau N (Netral) ke R tuas pengunci ini harus ditekan untuk bisa dioperasikan.

Begitu juga dari posisi D (Drive/Jalan) ingin pindah ke posisi L (gigi 1 atau terendah), 2 dan 3, tuas pengunci harus ditekan.

Selain dari perpindahan di atas , tuas pengunci tidak perlu ditekan karena tidak ada efek terhadap gerak komponen di dalam girboks.

"Justru kalau selalu ditekan tuas pengunci bisa loss atau rusak, malah transmisi bisa berpindah ke arah atau gerak berlawanan tanpa menekan tuas pengunci," tegas Hermas.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa