Jateng Akan Bangun Rest Area Non Profit Pertama di Indonesia

Adi Wira Bhre Anggono - Senin, 5 November 2018 | 21:15 WIB
Salah satu seksi jalan tol Semarang-Solo
Tribunnews.com
Salah satu seksi jalan tol Semarang-Solo

GridOto.com - Pembangunan tempat istirahat (rest area) non profit pertama di Indonesia akan diwujudkan di ruas tol Semarang-Solo KM49.

Rest area non profit dengan nama Pendopo 49 tersebut nantinya akan diisi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jawa Tengah dari kuliner hingga kerajinan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, pembangunan rest area itu diharapkan mampu mendongkrak ekonomi lokal seiring gencarnya pembangunan infrastruktur.

"Kami coba bikin hal lain di jalan tol. Kewirausahaan sosial, pemberdayaan UMKM non profit oriented, sebagai pintu masuk menikmati kearifan lokal, kerajinan, kuliner, dan alam Jawa Tengah. Jadi, ini etalase bagi UMKM Jateng," kata Ganjar seperti dilansir Kompas.com

Ganjar mengatakan hal tersebut saat menerima Presiden Direktur Astra Propert Paulus Bambang di rumah dinas Puri Gedeh, Semarang, Jawa tengah, Senin (5/11/2018).

(Baca juga: Yuk Tonton Video First Ride Yamaha FreeGo, OTOMOTIF TV dan GridOTO Duluan!)

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Ganjar menerima Presdir Astra Properti Paulus Bambang, di rumah dinas Puri Gedeh, Jawa Tengah, Senin (5/11/2018).
Dok. Humas Pemprov Jateng
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Ganjar menerima Presdir Astra Properti Paulus Bambang, di rumah dinas Puri Gedeh, Jawa Tengah, Senin (5/11/2018).

Menurutnya, terkait kewirausahaan sosial, orientasi pembangunan rest area tidak melulu berorientasi keuntungan.

Dengan ini, anggapan bahwa pembangunan jalan tol akan mematikan usaha masyarakat pun bisa terbantahkan.

Selanjutnya, pembangunan yang didesain pada lahan seluas 10 hektar tersebut selain sebagai tempat istirahat juga diyakini bisa menjadi destinasi baru.

Editor : Anton Hari Wirawan
Sumber : Kompas.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X