Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Catat Sob! Jasa Marga Akan Lakukan Contraflow di Ruas Tol JORR Kalimalang - Cikunir

Muhammad Ermiel Zulfikar - Selasa, 18 September 2018 | 17:13 WIB
Ilustrasi Contraflow di Jalan Tol
Jasa Marga
Ilustrasi Contraflow di Jalan Tol


GridOto.com - PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (PT JLJ), kelompok usaha dari PT Jasa Marga (Persero) akan melakukan rekayasa lalu lintas atau uji coba contraflow di Tol JORR segmen Kalimalang-Cikunir (KM 47+750 s.d. KM 45+650).

Rekayasa lalu lintas itu rencananya akan diberlakukan selama dua minggu, dan dilakukan setiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul 08.00 hingga 10.00 WIB.

Uji coba dilakukan oleh PT JLJ selaku pengelola Ruas JORR Seksi Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Seksi E2 (Cikunir-Cakung) dan Seksi E3 (Cakung-Rorotan) dalam rangka peningkatan pelayanan kepada jalan tol.

Nantinya, bagi pengguna jalan tol dari arah Rorotan, Cakung maupun Bintara yang melakukan perjalanan menuju arah Jati Asih atau Pondok Indah akan dialihkan ke menuju jalur contraflow.

(BACA JUGA: Jasa Marga Targetkan Tol Pandaan-Malang Awal Tahun 2019)

Uji coba ini diharapkan dapat melancarkan perjalanan pengguna jalan tol JORR di SS Cikunir, khususnya pengguna jalan tol dari arah Bintara menuju Pondok Indah.

"Penerapan contraflow ini diharapkan mereduksi penumpukan kendaraan yang seringkali terjadi pada jam-jam sibuk dan akhir pekan terutama di SS Cikunir," ujar Thomas Dwiatmanto, Kepala Divisi Manajemen Operasi PT JLJ.

"Bila uji coba ini menunjukkan hasil signifikan, maka akan diberlakukan pada arah sebaliknya sampai lalu lintas di SS Cikunir normal kembali dengan selesainya proyek-proyek di Jalan Tol Jakarta-Cikampek," lanjutnya dalam keterangan resmi Jasa Marga, Selasa (18/9/2018).

Kondisi lalu lintas di  Tol JORR segmen Kalimalang - Cikunir
Dok. Jasa Marga
Kondisi lalu lintas di Tol JORR segmen Kalimalang - Cikunir

Thomas melanjutkan, nantinya hasil uji coba rekayasa lalu lintas tersebut akan dievaluasi.

Jika dinilai efektif, maka akan dilaksanakan secara rutin dengan memperhatikan kondisi lalu lintas atau bahkan akan dilaksanakan juga untuk jalur A (Arah Pondok Indah menuju Bintara).

Editor : Niko Fiandri

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa