Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tol Semarang-Batang Sudah Rampung Hampir 90%, Bagaimana Nasib Masjid di Tengah Jalan Tol yang Sempat Viral Ini?

Ditta Aditya Pratama - Senin, 6 Agustus 2018 | 09:37 WIB
Kondisi Masjid Jami Baitul Mustaghfirin sebelum jalur dibuka untuk mudik
Tribunjateng.com
Kondisi Masjid Jami Baitul Mustaghfirin sebelum jalur dibuka untuk mudik

GridOto.com - Sempat dipakai sebagai jalan tol fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran kemarin, ternyata perkembangan jalan tol Batang-Semarang sudah hampir rampung.

Direktur Jasa Marga Tol Semarang Batang, Arie Irianto menjelaskan proses pembangunan dari Tol Semarang Batang sendiri sudah mencapai 87,89 %.

Menurutnya kendala yang saat ini dihadapi adalah terkait pembebasan lahan sehingga proses pembangunan menjadi terhalang.

Di sisi lain, kontrak pembangunan tol tersebut akan selesai pada tanggal 25 September 2018.

(BACA JUGA: Klasemen Sementara MotoGP 2018, Andrea Dovizioso Naik Posisi, 1 Yamaha Tergeser)

"Tol ini melintasi 27 desa yang tersebar di delapan kecamatan di Kendal dan Nominal ganti ruginya sebesar Rp 1,6 triliun,'' lanjut dia.

Sementara itu untuk tempat ibadah dan tempat pemakaman yang terdampak proyek itu menurutnya sudah hampir selesai proses penggantian tempat dan bangunannya.

"Namun masih ada satu masjid yang belum terselesaikan. Tanah pengganti sudah disiapkan namun harga ganti bangunan belum menemui kesepakatan," jelasnya

Ia berharap pembebasan lahan akan selesai hingga akhir agustus ini

(BACA JUGA: Ngenes! Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Maverick Vinales Crash di Lap Pertama MotoGP Ceko)

"Jika terealisasi maka akan sesuai target selesainya. Sehingga pada bulan November kami bisa uji kelayakan," tambahnya.

Meski begitu, masih ada warga yang tidak mau menerima uang ganti rugi pembebasan lahan.

Uang ganti rugi sekitar 200 bidang tanah di Kendal yang terdampak pembangunan tol Semarang Batang, belum diambil oleh sang pemiliknya dan saat ini masih dititipkan di Pengadilan Negeri Kendal.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Tol Batang-Semarang, Tendi Hardianto mengatakan para warga tersebut enggan mengambil uang ganti rugi dikarenakan mereka tidak puas dengan nilai ganti rugi yang telah ditawarkan.

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Uang Ganti Rugi 200 Bidang Tanah di Kendal Belum Diambil Pemiliknya

 

PT. Jasamarga Toll Road Maintenance (JMTM) memiliki teknologi baru untuk survei kondisi jalan tol dengan mengahdirkan mobil pintar yakni Hawkeye 2000. Roy Ardian Darwis, Direktur Utama PT Jasamarga Toll Road Maintenance, mengatakan mobil pintar ini dapat mengukur data aset dan kondisi jalan lebih akurat. Kendaraaan ini dilengkapi dengan peralatan sensor penangkap data asset dan kondisi elemen jalan, seperti: GPS and DGPS, Laser Profiler, Auto Crack Detection Profiler , Gipsitrec Geometry, Distance Measurement Instrument, Asset Cameras, serta didukung oleh Software Hawkeye Processing Toolkit. Menurut dia, di Indonesia baru tersedia dua unit Hawkeye 2000 dengan spesifikasi terlengkap. Yuk baca berita lengkapnya di GridOto.com (klik link di bio) #jasamarga #jalantol #hawkeye2000 #tol #lalulintas #gridoto #kompasgramedia #otomotif #duniaotomotif #otomania #motorplus #motorplusonline #jip #otomotifweekly #kompasotomotif #gridnetwork

A post shared by GridOto (@gridoto) on

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : Tribun Jateng

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa