Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Saklar Lampu On/Off, Bisa PnP ke Motor Honda Apa Saja?

Luthfi Anshori - Selasa, 24 Juli 2018 | 15:38 WIB
Perbandingan saklar dim dengan on/off (kiri) dan saklar bawan (kanan)
youtube.com
Perbandingan saklar dim dengan on/off (kiri) dan saklar bawan (kanan)

GridOto.com – Sistem lampu utama nyala otomatis atau AHO diwajibkan untuk setiap motor dengan alasan safety, yaitu agar motor terlihat jelas oleh pengendara lain saat berjalan.

Meskipun demikian, fitur ini dianggap sedikit mengganggu bagi sebagian bikers karena dapat memperpendek masa pakai lampu dan aki motor.

Untuk mencegah hal-hal diatas, ada saklar lampu on/off yang sudah dirancang untuk dapat dipasang tanpa ada ubahan pada motor Honda.

Tapi apakah saklar ini bisa langsung dipasang (Plug n Play) ke semua motor Honda yang ada di pasaran?

(BACA JUGA: Ini Beda Proses Pengecatan Warna Doff dan Metalik)

“Karena punya bentuk yang sama persis seperti saklar bawaan motor Honda yang beredar saat ini, tentu bisa langsung pasang tanpa ubahan pada soketnya,” terang Huda, pemilik Hedot Autolamp kepada GridOto.com (19/7).

Walaupun begitu, ternyata ada catatan khusus bagi yang berminat pasang saklar lampu on/off ke motornya.

“Sejauh ini saklar sudah dites dan berfungsi pada semua motor bebek dan matik Honda, asalkan lampu utama bawaan motor belum menganut model LED dan bentuk saklarnya sama,” ungkapnya.

Motor dengan bentuk saklar yang sama dan dipastikan bisa langsung pasang adalah Honda BeAT, Spacy, Vario 110/125 model lama serta Revo, Blade, dan Supra X 125.

Sedangkan bagi pemilik motor Honda dengan lampu utama model LED seperti Honda New Scoopy dan New Vario 110/125/150, perlu ada ubahan pada kabel bawaan motor jika ingin pasang saklar tersebut.

Editor : Luthfi Anshori

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa