Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

KSP: Antisipasi Macet Panjang, Tol Bisa Gratis Jika Diperlukan

M. Adam Samudra - Selasa, 19 Juni 2018 | 11:15 WIB
ilustrasi kepadatan arus balik liburan natal dan tahun baru
Kompas.com
ilustrasi kepadatan arus balik liburan natal dan tahun baru

GridOto.com- Arus balik Lebaran 2018 sudah mulai telihat. Polri dan sejumlah instansi lain sudah menyiapkan berbagai langkah mengawal kelancaran arus balik.

Deputi I Kepala Staf Kepresidenan yang juga Penanggung Jawab Pemantauan Arus Mudik-Balik Lebaran 2018, Darmawan Prasodjo pun turut andil dalam arus balik ini.

“Penting juga kami ingatkan kepada para pengguna jalan untuk tetap menjaga kewaspadaan, kesiagaan, dan kehati-hatian dalam menggunakan jalan raya," kata Darmawan di Jakarta, Selasa (19/6/2018).

"Jangan sampai perjalananan liburan dan Lebaran dan kembali ke kota-kota di Jakarta dan sekitarnya justru menjadi antiklimaks, karena ketidakhati-hatian dan kekurangsiapan para pengguna jalan,” tambah Darmawan. 

(BACA JUGA: Dua Perubahan Jorge Lorenzo yang bikin Juara MotoGP Dua Seri Berturut-turut)

Berdasarkan pemantauan KSP selama arus mudik 2018, beberapa titik peristirahatan belum dikelola secara optimal. 

Di beberapa titik terjadi penyumbatan kendaraan bermotor pada seputar pintu masuk, sementara masih terdapat area kosong di dalam rest area yang dapat digunakan untuk menampung kendaraan pemudik yang akan beristirahat atau mengisi BBM. 

Titik lain yang juga berpotensi terjadi kemacetan adalah pintu-pintu gerbang pembayaran tol.

Oleh karena itu, akan diberlakukan antisipasi pembayaran dengan sistem jemput bola untuk memperlancar transaksi di gerbang tol.

Bahkan kata dia, opsi membuka pintu gerbang tol secara gratis juga bisa dipertimbangkan jika kondisi di lapangan memerlukan langkah tersebut.

“Kami menyarankan kepada para pengelola jalan tol, apabila terjadi kemacetan hingga lebih dari 2 km, diberlakukan pengaturan contra-flow pada titik-titik yang memungkinkan,” kata dia.

Darmawan juga mengingatkan bahwa ruas tol Cikampek-Jakarta dan ruas Jakarta Outer Ring Road (JORR) juga perlu disiagakan lebih mengingat, kedua ruas ini merupakan tulang punggung akses utama para pemudik menuju daerah daerah di Bekasi, Depok, Bogor, dan Tangerang.

“Pengambilan keputusan dalam pemberlakuan arus berlawanan (contra-flow) juga masih dapat dioptimalkan untuk mengurangi ketersendatan arus lalu lintas,” tutupnya.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa