Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jasa Marga Pastikan Jembatan Kali Kenteng Aman Dilalui Pemudik

M. Adam Samudra - Minggu, 10 Juni 2018 | 12:32 WIB
Screen shoot via video Jembatan Kali Kenteng
Jasa Marga
Screen shoot via video Jembatan Kali Kenteng

GridOto.com - Jasa Marga pastikan Tol fungsional ruas Salatiga - Kartasura di Jembatan Kenteng, aman dilalui para pemudik.

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi
David Wijayatno.

"Disisi lain PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) memastikan bahwa kondisi jalur fungsional di Kali Kenteng aman untuk dilewati," kata David Wijayatno melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (10/6/2018).

Meski demikian memang kepadatan terpantau di beberapa titik yang diberlakukan pengalihan keluar dari trase jalan tol fungsional, antara lain di ruas fungsional Salatiga-Kartasura di sekitar Jembatan Kali Kenteng.

(BACA JUGA: Seken Keren: Masih Bandel di Usia 10 Tahun, Ini Dua Sedan Favorit di Indonesia)

"Dimana karena pengerjaan jembatan masih dalam tahap konstruksi, maka pengguna jalan tol sementara melewati bagian bawah jembatan, melalui jalur yang dilapis perkerasan lean concrete," ucapnya.

Ia melanjutkan, pada titik tersebut, terpantau sempat terjadi antrian sepanjang 1 km karena pengguna jalan harus menyesuaikan kecepatan saat menuruni dan mendaki jalur elevasi. 

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan memastikan kondisi mesin dalam kondisi prima saat melalui Ruas Fungsional Salatiga Kartasura, khususnya sekitar Jembatan Kali Kenteng.

Hari pertama pemberlakuan jalur fungsional di Jembatan Kali Kenteng tercatat 4.200 kendaraan sedangkan di hari kedua terpantau 5.780 kendaraan.

(BACA JUGA: Pergi Mudik Lebaran 2018, Warga Bisa Titipkan Kendaaran di Polsek)

Bahkan ia mengaku, selama dua hari beroperasi tercatat 10 kendaraan mengalami mogok.

Jalur fungsional sepanjang 600 meter di Kali Kenteng tersebut telah dilengkapi dengan pagar pengaman, tolo-tolo dan moveable concrete barrier (MCB) untuk membantu pengguna jalan dalam melewati titik dengan sudut elevasi maksimal 7,24 derajat tersebut. 

Tak hanya itu, demi keamanan disiapkan pula derek di lokasi untuk kondisi darurat.

Di GT Salatiga yg menuju Jalan Tol Fungsional Salatiga-Kartasura, PT JSN juga  melakukan filterisasi terhadap kendaraan yang masuk.

(BACA JUGA: Toyota Avanza Club Indonesia Berbagi Senyum Bersama Anak Yatim Piatu di Ramadhan 2018)

Pick up dan kendaraan tua yang sarat muatan diminta berputar dan keluar di Tingkir.

"Bagi pengguna jalan yang ingin menggunakan alternatif diluar Ruas Fungsional, diimbau keluar exit Gerbang Tol (GT) Salatiga dan melanjutkan perjalanan melalui jalur arteri kota Boyolali menuju Solo," tutupnya.

Lalu masuk ke kembali ke Ruas Fungsional Tol di Jalan Tol Solo-Ngawi melalui akses GT Colomadu.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa