Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Perawatan Motor Setelah Ditinggal Mudik: Servis Jika Perlu

Luthfi Anshori - Rabu, 20 Juni 2018 | 11:31 WIB
Tampak depan bengkel Scooter Jam
Fadhliansyah
Tampak depan bengkel Scooter Jam

GridOto.com – Sebelum motor ditinggal pergi libur lebaran, serangkaian hal sudah dilakukan untuk menjaga kondisinya supaya tetap prima.

Karena motor diam di tempat dan tidak digunakan, apakah saat digunakan kembali perlu melakukan servis disertai dengan penggantian oli?

Hal ini rupanya tergantung dari keadaan motor itu sendiri, seperti berapa lama motor telah ditinggal dan kapan terakhir motor diservis.

“Kalau ditinggal hingga berbulan-bulan sebaiknya dibawa servis dulu karena pastinya motor juga sudah masuk masa servis,” kata Mulyono, Kepala Bengkel AHASS Honda Wahana Ciputat, Tangerang Selatan kepada Gridoto (7/6).

(BACA JUGA:Waduh! Moge Satu Ini Kok Pakai Rem Cakram di Tengah Ya?)

Saat servis, pastikan untuk mengganti oli mesin karena kondisi dan kualitasnya bisa berkurang meskipun tidak digunakan dalam waktu lama.

Berbeda dengan oli mesin, cairan lain pada motor seperti minyak rem dan cairan pendingin radiator hanya perlu ditambahkan apabila sudah terlihat berkurang pada indikator yang tersedia.

“Ketika motor diservis, kita juga akan cek tegangan aki motornya, sehingga terlihat apakah aki masih layak pakai atau sudah mengalami penurunan fungsi setelah motor lama tidak terpakai.” tutupnya.

Dapat disimpulkan bahwa digunakan atau tidak, motor tetap perlu melakukan servis.

Tujuannya untuk menjaga kondisinya agar tetap aman dan nyaman saat digunakan.

Editor : Luthfi Anshori

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa