Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setelah Dimodifikasi, Power Mesin Toyota 86 Ini Melonjak Drastis!

Iman - Kamis, 31 Mei 2018 | 21:40 WIB
260 kpj gampang banget dapetinnya!
Kyn
260 kpj gampang banget dapetinnya!

GridOto.com - Toyota 86 di Indonesia dan luar negeri semakin banyak kena virus modifikasi.

Hal ini membuat niatan Ongky Setiawan semakin kuat untuk memodifikasi Toyota 86 miliknya ini. “Saya mau performa mesin dan handling meningkat,” ujar Ongky, sapaan akrab salah satu pengurus komunitas [SpeedLoverZ] ini.

Toyota 86 2013 400 WHP = 260 kpj
Kyn
Toyota 86 2013 400 WHP = 260 kpj

Hebatnya lagi Ongky juga menerapkan konsep mobil meski sudah dimodifikasi harus bisa kencang tapi juga tetap enak dipakai.

Ia pun lantas surfing di internet untuk hunting berbagai parts performance yang ia butuhkan, “Saya sampai ikut sebuah forum di luar negeri yang khusus Toyota 86,” serunya.

(Baca juga: Mesin Toyota 86 Ini Jarang Dipakai Ngebut, Modifikasinya Pun Hanya Untuk Tampilan Saja)

“Awalnya modifikasi yang saya lakukan terbilang mild, enggak berat seperti sekarang ini,” ucapnya. Awalnya mobil masih terasa kencang, lama kelamaan mobil pun terasa ‘pelan’ oleh Ongky.

“Akhirnya saya kembali bertanya di forum tersebut, akhirnya disuruh pasang supercharger,” tukas pria ramah ini.

Supercharger Rotrex memperbaiki putaran bawah sampai tengah
Kyn
Supercharger Rotrex memperbaiki putaran bawah sampai tengah

Namun ternyata pemasangan supercharger bisa menimbulkan masalah baru, “Blok mesin asli tidak akan kuat kalau boostnya lebih dari 0,4 bar, kalau cuma 0,4 bar buat apa pasang supercharger kan,” bilangnya.

Akhirnya opsi ganti blok mesin pun harus dilakukan, “Lagipula harga supercharger dan blok mesinnya tidak beda jauh, daripada kerja dua kali mending sekalian ganti,” ujarnya.

Lalu ia pun memesan blok mesin dari Crawford di Amerika yang terbuat dari bahan titanium, “Pakai blok ini kalau boost superchargernya besar masih kuat, karena terbuat dari bahan titanium,” ucapnya.

Power mesin boxer ini melonjak sampai 400 WHP!
Power mesin boxer ini melonjak sampai 400 WHP!

Superchargernya pakai merek Kraft, “Kitnya buatan Amerika, kalau blowernya merek Rotrex buatan Denmark,” urai pemukim di Jakut ini. Setelah terpasang boost superchargernya dipasang di 1 bar, bahkan mesinnya pun juga sudah dimodifikasi partsnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa