Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengalami 'Microsleep' Saat Perjalanan Mudik? Ini Tips Mencegahnya

Radityo Herdianto - Senin, 28 Mei 2018 | 20:50 WIB
Ilustrasi mengemudi saat mudik
Salim/GridOto
Ilustrasi mengemudi saat mudik

GridOto.com-Salah satu bahaya yang dialami pengemudi ketika melakukan perjalanan mudik jelang lebaran adalah microsleep.

Microsleep adalah kejadian dimana seseorang tertidur atau kehilangan kesadaran beberapa saat, meskipun secara fisik terlihat terjaga.

Microsleep biasanya disebabkan karena lelah, terlalu lama mengemudi

Sebagian besar kecelakaan fatal dalam perjalanan mudik adalah akibat dari microsleep ini.

"Untuk mencegahnya, pengemudi harus tidur yang cukup selama tujuh sampai sembilan jam pada malam hari sebelum melakukan perjalanan jauh," ujar dr. Ratih Rosalina, dokter konsultan medis Laboratorium Pramita saat ditemui GridOto.com (25/5).

(BACA JUGA: Bahaya Mengemudi Beban Berlebih Saat Mudik Lebaran)

Agar stamina dan konsentrasi tetap terjaga, setiap mengemudi selama empat jam harus berhenti istirahat sekali dalam waktu beberapa saat untuk meregangkan otot dan menghirup udara segar.

Namun dr. Ratih menambahkan, tidak harus sampai empat jam jika sudah mulai merasa lelah dan mengantuk segeralah berhenti di tempat aman atau yang sudah disediakan untuk istirahat beberapa saat sebelum kembali mengemudi.

Saat mengemudi, Anda juga bisa lakukan aktivitas seperti mengobrol dengan penumpang, bernyanyi, atau mendengarkan lagu dengan tempo yang cukup cepat namun tidak mengganggu konsentrasi mengemudi.

"Hindari konsumsi obat yang menimbulkan rasa kantuk dan minuman beralkohol," tutup dr. Ratih.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa