Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wow! Honda Civic Type R Catat Rekor Baru di Perancis

Rizky Septian - Rabu, 16 Mei 2018 | 15:53 WIB
Esteban Guerrieri, Pembalap World Touring Car Cup yang menjadi pengendara Honda Civic Type R pecahkan rekor di Sirkuit Magny-Cours GP, Prancis
Istimewa
Esteban Guerrieri, Pembalap World Touring Car Cup yang menjadi pengendara Honda Civic Type R pecahkan rekor di Sirkuit Magny-Cours GP, Prancis

GridOto.comHonda Civic Type R memecahkan rekor kecepatan baru di Sirkuit Magny-Cours, Perancis, setelah mencatat lap time 2 menit 1,51 detik.

Pemecahan rekor kecepatan ini merupakan yang kedua untuk Honda Civic Type R.

Sebelumnya tercatat sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di Sirkuit Nürburgring, Jerman.

Pemecahan rekor kecepatan kali ini merupakan rangkaian dari 'Type R Challenge 2018'.

(BACA JUGA: Geger! Polisi Temukan Benda Ini di Dalam Mobil Terduga Teroris Penyerangan Mapolda Riau)

Di mana tim Honda Racing berusaha untuk memecahkan rekor kecepatan mobil berpenggerak roda depan pada 5 sirkuit ternama di Eropa.

Di Magny-Cours, Honda Civic Type R dikendarai dalam kondisi standar oleh Esteban Guerrieri.

Dia pembalap WTCR yang juga berlaga di FIA World Touring Car Cup 2018 dengan Honda Civic TCR bersama tim Münnich Motorsport.

Untuk pemecahan rekor baru ini, Civic Type R melaju di sirkuit Magny-Cours sejauh 4,4 km dengan kontur jalan berkelok-kelok, tikungan tajam dan jalan lurus.

Civic Type R menggunakan mesin 2.0L VTEC TURBO yang menghasilkan tenaga 320 dk dan torsi 400 Nm, yang mendukung Guerrieri untuk melibas lintasan trek.

Honda Civic Type R yang dipakai pecahkan rekor
Istimewa
Honda Civic Type R yang dipakai pecahkan rekor


Dengan menggunakan +R mode, Adaptive Damper System membuat pengendaraan lebih responsif, stabil dan lincah untuk performa yang lebih maksimal.

“Hal terbaik dari Civic Type R adalah ia mampu memberikan saya rasa percaya diri. Mobil ini sangat responsif dan memiliki handling yang maksimal," ujar Guerrieri melalui rilis resmi Honda, Rabu (16/5/2018).

(BACA JUGA: Bikin Tenang, SPBU Pertamina Buka 24 Jam Selama Mudik Lebaran 2018)

"Orang-orang menyebut Civic Type R sebagai mobil hatchback dengan performa mumpuni, dan hari ini kita telah membuktikan bahwa hal itu benar adanya. Civic Type R terus menembus batas dari sebuah mobil berpenggerak roda depan,” lanjutnya.

Selain itu, ia juga turut memberi komentar mengenai fleksibilitas Civic Type R sebagai mobil yang cocok di jalanan dan lintasan balap.

Guerreri menambahkan, “Kelebihannya adalah kita dapat menggunakan +R mode saat mengendarainya di lintasan balap, kemudian beralih ke Comfort mode saat pulang ke rumah.”

Honda pernah mengadakan ajang serupa di tahun 2016, membuat catatan waktu di sirkuit Estoril, Hungaroring, Silverstone dan Spa-Francorchamps menggunakan Honda Civic Type R generasi sebelumnya.

(BACA JUGA: Selain CBU, Astra Honda Motor Juga Lakukan Ekspor Secara CKD untuk Motor-motor Ini)

Memasuki tahun 2018, Honda bertujuan memecahkan rekor yang telah dicatat di empat sirkuit tersebut, termasuk rekor yang diraih di trek Magny-Cours ini.

Pembalap yang telah disiapkan untuk Type R Challenge 2018 berikutnya adalah Jenson Button, pembalap asal Inggris yang juga pernah menjadi juara dunia F1 dan kini menjadi pembalap NSX Super GT.

Selain itu, pembalap lainnya turut berpartisipasi yakni pembalap WTCR Tiago Monteiro dari Portugal, bintang NSX Super GT Bertrand Baguette dari Belgia, dan bintang BTCC Matt Neal asal Inggris.

Generasi terbaru Honda Civic Type R mempertahankan karakter Honda sebagai Hatchback dengan performa, akselerasi dan kecepatan tertinggi di kelasnya.

(BACA JUGA: Kena Custom, Kawasaki KZ1000 Jadi Makin Seram)

Mobil yang memperoleh logo 'H' berwarna merah ini merupakan generasi kesepuluh Honda Civic, yang didesain untuk memberikan pengalaman balap paling memuaskan baik di jalanan maupun lintasan balap.

Honda Civic Type R memiliki struktur bodi yang ringan, kokoh, pusat gravitasi yang rendah, serta didukung dual-axis strut front suspension system yang mengurangi efek torque steer dan meningkatkan pengendalian di tikungan.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa