Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jelang Mudik, Jasa Marga Berikan Pelatihan Safety Driving ke 40 Sopir Bus

M. Adam Samudra - Rabu, 16 Mei 2018 | 10:06 WIB
Jasa Marga gelar Workshop Safety Driving khusus pengemudi Bus
Jasa Marga
Jasa Marga gelar Workshop Safety Driving khusus pengemudi Bus

GridOto.com- PT Jasa Marga (Persero) Tbk. berinisiatif menggelar pelatihan dan pembekalan bagi pengemudi bus melalui workshop bertajuk ”Safety Driving for Bus Driver”. 

Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan program ini bertujuan untuk menggiatkan tertib berlalu lintas menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2018.

"Kami berharap ilmu yang diperoleh tidak berhenti hanya dalam momentum Lebaran," ungkap Subakti melalui keterangan resminya di Jakarta, Rabu (16/5/2018).

"Tapi juga dapat diterapkan dalam jangka panjang sebagai acuan profesi, dan pada akhirnya dapat menjadi kebanggaan akan profesi sebagai pengemudi yang berdedikasi dan selalu mengedepankan keselamatan," ujarnya menambahkan.

(BACA JUGA: Gokil! Video Perakitan 'Motorhome Pembalap dan Kru MotoGP, Mewah Nggak Menurutmu?)

Selain itu, para pengemudi diberikan pemaparan terkait ilmu tentang kendaraan, persiapan mengemudi dan prosedur mengemudi yang baik untuk mengurangi potensi kecelakaan.

Tidak hanya teori, workshop yang diikuti 40 pengemudi bus dalam Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) dan 10 pengemudi bus Program "Mudik Bareng BUMN 2018" ini, terdapat sesi praktik di Buperta Cibubur.

Dari hasil di lapangan para peserta akan dievaluasi mengenai sikap dalam mengemudi, kewaspadaan, prosedur mengemudi, kemampuan dan teknik mengemudi.

Setelah melalui serangkaian pelatihan dan tes, para peserta perserta menerima sertifikat dan ID Card “Defensive & Responsible Driving Training Program for Bus Driver”.

Sertifikat yang diberikan kepada peserta dikeluarkan oleh Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) dan didukung oleh Safe Drive Training (Australia) Pty, Ltd.

Melalui workshop ini, dirinya berharap angka kecelakaan saat mudik atau arus balik Lebaran 2018 dapat ditekan, terutama yang melibatkan kendaraan bus.

"Oleh karena itu, Jasa Marga selalu mengingatkan kepada seluruh pengemudi untuk selalu berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas untuk keselamatan bersama," tutupnya.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa