Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dekati Mudik Lebaran, Ditjen Perhubungan Darat Pasang Alat Penerangan Jalan

M. Adam Samudra - Minggu, 29 April 2018 | 13:49 WIB
Kegiatan pembangunan infrastruktur trabsportasi  darat
Ditjen Perhubungan Darat
Kegiatan pembangunan infrastruktur trabsportasi darat

 

GridOto.com- Jelang mudik lebaran 2018 Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan melakukan pembangunan fasilitas keselamatan jalan di jalur mudik pantai utara (pantura).

Salah satu yang akan dibangun fasilitas keselamatan jalan di Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon Jawa Barat. 

Adapun fasilitas perlengkapan jalan di ruas jalan Kapetakan rencananya akan dipasang 68 titik Alat Penerangan Jalan (APJ) dan 200 buah delineator. 

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan hal in dilakukan sesuai arahan Menteri Perhubungan dalam pembangunan fasilitas keselamatan jalan.

"Karena ini merupakan salah satu upaya kita untuk selalu memperhatikan dan memprioritaskan pembangunan yang dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujar Budi Setiyadi melaui keterangan resminya di Jakarta, Minggu (29/4/2018).

(BACA JUGA: Polisi Kejar Pemotor yang Melanggar, Sekali Buka Helm Bikin Melongo)

Menurutnya, pemasangan delineator dan Alat Penerangan Jalan (APJ) yang menggunakan teknologi solar cell di jalur ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi calon pemudik yang nantinya akan melewati jalur ini.

"Saya berharap dengan dipasangnya APJ disini dapat mengurangi tingkat kecelakaan dan kriminalitas yang ada di sepanjang jalan ini," ucapnya. 

Lebih lanjut, Dirjen Budi mengatakan kegiatan ini juga termasuk persiapan sebelum menghadapi angkutan lebaran 2018.

Selain itu ini juga merupakan langkah kongkret Pemerintah yang hadir di tengah masyarakat dalam rangka mewujudkan zero accident.

Nantinya kedepan juga akan ada pengadaan dan pemasangan Fasilitas Keselamatan Jalan di wilayah lain, yaitu di ruas jalan Indramayu (depan UPPKB losarang), Kanci - Pasar Gebang, Pasar Gebang -Losari, Karawang - Cikampek - Pamanukan, Jangga - Lohbener, Cileunyi - Nagrek - Malangbong, Kuningan - Ciamis, Cianjur - Sukabumi, serta rehabilitasi Terminal Penumpang Tipe A Harjamukti Cirebon. 

Lebih lanjut, Dirjen Budi mengajak masyarakat Kecamatan Kapetakan untuk menjaga aset pemerintah berupa fasilitas keselamatan jalan yang akan dan telah dibangun di sepanjang jalan ini. 

"Apabila ada kerusakan bahkan terjadi pencurian, Bapak/Ibu agar dapat melapor kepada BPTD Wil. IX Provinsi Jawa Barat untuk segera dilakukan tindak lanjut," tutupnya.

Editor : Niko Fiandri

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa