Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wah, Jalan Beton Bisa Buat Ban Meleleh, Kok Bisa?

M. Adam Samudra - Kamis, 12 April 2018 | 19:30 WIB
ilustrasi beton jalan raya yang mempunyai kontur kasar
jalantol.blogspot.co.id
ilustrasi beton jalan raya yang mempunyai kontur kasar

GridOto.com- Jalanan di Indonesia saat ini tidak hanya dilapisi dengan aspal, melainkan ada juga beberapa jalan yang telah menggunakan beton. 

Rupanya masih banyak yang bertanya-tanya, dari kedua jenis jalan itu mana yang lebih mempengaruhi tingkat keausan ban pada ban kendaraan?

Menanggapi hal ini, Direktur Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan bahwa jalan beton mampu membuat sebuah ban meleleh.

"Sebenarnya lebih ke titik meleleh ban tersebut, apalagi kalau ban nya itu pakai soft compound," kata Sony kepada GridOto.com di Jakarta, Kamis (12/4/2018).

(BACA JUGA: Marc Marquez Ngaku Enggak Mau Berubah Setelah MotoGP Argentina?)

Lebih lanjut, Sony menjelaskan bahwa ban cepat habis di jalan beton karena gesekan dengan permukaan kasar membuat roda cepat abrasi.

"Berbahaya sih enggak, jalan beton itu lebih mengikis ban. Karena teksturnya tajam dan panasnya melebihi aspal," ujarnya menambahkan.

Sementara aspal yang cenderung lebih halus membuat daya gesek lebih minim.

"Solusinya adalah jangan melaju kencang atau agresif memainkan kemudi, pilih juga ban yang hard compound, dan enggak ketinggalan jangan sampai kekurangan angin," tutupnya.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa