Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sudah Dihitung Nh, Volume Kendaraan Ganjil- Genap di Gerbang Tol Bekasi Turun Sekitar 30 Persen

M. Adam Samudra - Senin, 12 Maret 2018 | 12:50 WIB
Gerbang Tol Bekasi Barat
Kompas.com / Dani Prabowo
Gerbang Tol Bekasi Barat


GridOto.com- Jumlah kendaraan yang melintas di Gerbang Tol (GT) Bekasi Barat 1 terpantau mengalami penurunan signifikan jika dibandingkan dengan kondisi normal.

Ini pantauan hari pertama ganjil-genap Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Senin (12/3/2018).

AVP Corporate Communication PT Jasamarga, Dwimawan Heru mengatakan
tercatat 1.820 kendaraan masuk melalui GT Bekasi Barat 1 arah Jakarta.

"Angka tersebut turun 30% dari kondisi normal yang mencapai 2.600 kendaraan," kata Dwimawan melalui keterangan resmi Jasa Marga di Jakarta, Senin (12/3/2018).

(BACA JUGA: Pantauan Lapangan Ganjil Genap di Bekasi, Nyaris Tidak Ada Antrian di Gerbang Tol)

Sedangkan kendaraan yang menuju Jakarta melalui GT Bekasi Barat 2 mencapai 1.852 kendaraan atau turun 38,20% dari kondisi normal yang mencapai 3.000 kendaraan. 

Sedangkan dari GT Bekasi Timur 2, jumlah kendaraan yang menuju ke Jakarta saat jam pemberlakuan mencapai 1.545 kendaraan atau turun 35,60% dibanding kondisi normal yang mencapai 2.400 kendaraan.

Sementara, General Manager PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R.Lukman menyatakan penurunan kendaraan dipengaruhi beberapa faktor 3 opsi yaitu beralih rute ke jalur alternatif, beralih waktu perjalanan dan beralih moda transportasi.

"Hari pertama pemberlakuan kebijakan, terpantau pengguna jalan tol beralih waktu," katanya.

Terpantau di GT Bekasi Barat 1 mulai pukul 04.00-05.00 WIB naik 37% dari lalin normal.

Sedangkan di GT Bekasi Timur perubahan waktu perjalanan mulai dominan terasa dari pukul 05.00-06.00 WIB sebesar 23% dibanding hari biasa.

Secara keseluruhan, dampak kebijakan penurunan kendaraan rata-rata mencapai 35% atau 2.783 kendaraan selama 3 jam pemberlakukan kebijakan.

Terkait kebijakan pembatasan kendaraan golongan 3-5 khususnya di GT Cikarut arah Cikampek mulai pukul 06.00-09.00 WIB ada penurunan volume lalin golongan 3-5 mencapai 70% dibanding kondisi normal.

Sedangkan kendaraan golongan 3-5 arah Jakarta yang masuk melalui GT Cikarut mengalami penurunan mencapai 64% dibanding kondisi normal.

Editor : Iday

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa