Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Catat, Ini 5 Parts Aftermarket Berbahaya di Mobil (Bagian 2)

Ivan Casagrande Momot - Selasa, 9 Januari 2018 | 16:20 WIB
pemasangan kabel audio aftermarket berpotensi menimbuklan percikan api
pemasangan kabel audio aftermarket berpotensi menimbuklan percikan api

GridOto.com - Banyak aksesoris untuk mobil yang sebenarnya tidak perlu diganti.

Tidak saja enggak sesuai dengan peruntukan tapi juga menimbulkan risiko lain saat berkendara.

(Baca juga : Catat, Ini 5 Parts Aftermarket Berbahaya di Mobil (Bagian 1)

Berikut lanjutan daftar 3 aksesoris mobil yang tidak penting untuk diganti :

1. Kabel elektrikal audio

Ada banyak aksesoris mobil aftermarket yang butuh perubahan pada pemasangan kabel kendaraan. Misalnya, menambahkan sistem audio high-end atau mengganti headlamp biasa ke lampu depan xenon yang memerlukan banyak perubahan kabel.

Jika pemasangan kabel tidak dilakukan dengan benar, bisa menyebabkan pemanasan dan akhirnya membuat percikan api. Pastikan untuk pemasangan audio dan headlamp ini dilakukan oleh para profesional yang tahu bagaimana cara menangani pemasangan kabel mobil yang rumit.

spinner setir disebut juga tombol bunuh diri
spinner setir disebut juga tombol bunuh diri
2. Spinner di setir

Karena bahayanya, spinner di setir juga dikenal dengan sebutan tombol bunuh diri, karena sangat berbahaya untuk digunakan. Part ini diletakkan di lingkar kemudi dan bisa digunakan untuk cepat memutar kemudi dengan mudah.

Tombol kemudi ini tidak disarankan oleh produsen mobil manapun dan hanya tersedia di aftermarket. Kualitas kenop spinner memang patut dikaji ulang. Part ini bisa pecah di tengah tikungan dan bisa menimbulkan banyak masalah. Juga, ketika mobil tiba-tiba masuk lubang, aksesori spinner rusak yang bisa melukai tangan dengan fatal.

Ilustrasi Sabuk Pengaman
otomania.com
Ilustrasi Sabuk Pengaman
3. Kait sabuk pengaman aftermarket

Sejatinya sabuk pengaman dapat menyelamatkan nyawa jika digunakan dengan benar. Namun, parangkat ini juga bisa mematikan.

Kait sabuk pengaman aftermarket tersedia di pasaran yang bisa menggantikan versi asli jika diperlukan. Kait semacam itu bisa macet dalam situasi darurat dan bisa menimbulkan banyak masalah.

Jika mau pasanglah cover sabuk pengaman minimalis yang bisa dipilih sesuai selera. Daripada harus mengorbankan fungsi utama sabuk pengaman itu sendiri.

rear tray showpieces juga bisa berbahaya
rear tray showpieces juga bisa berbahaya
4. Kompartemen Penyimpanan di Headrest

Part satu ini sering disebut rear tray showpieces. Terjemahan bebasnya ialah kompartemen tambahan yang dikaitkan di headrest.

Fungsinya ibarat baki penampungan untuk menempatkan berbagai macam barang mulai dari boneka mainan, bantal, kantung kotak perhiasan, tissue dan lainnya.

Yang jadi masalah, jika ditempatkan berlebihan, barang-barang tersebut bisa menghalangi pandangan kaca spion dan tentu berbahaya.

Bahkan saat rem mendadak (hard braking) bisa membuat barang-barang berterbangan mengenai orang-orang yang di kabin mobil.

lampu belakang berkedip
kompas
lampu belakang berkedip
5. Lampu depan dan belakang variasi

Jika sebelumnya menambahkan kaca film warna, atau lampu digelapkan saja salah. Maka kasus ingin tempil menonjol dengan lampu depan dan belakang variasi juga berbahaya.

Yang dimaksud dengan lampu depan dan belakang variasi ialah menggunakan lampu berkedip di lampu depan dan lampu ekor.

Lampu berkedip akan sangat mengganggu orang lain di jalan. Selain itu, lampu berkedip tidak cukup memberi penerangan untuk menyorot jalan yang ada di depan.

Pada lampu belakang, lampu kilat seperti itu bisa mendistraksi perhatian kendaraan lain dan berpotensi menyebabkan kecelakaan fatal.

Sekali Lihat Tapi Terpesona Dua Kali Sama Mercedes-Benz V250 Ini

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa