Wajib Tahu, Komponen Ini Tidak Boleh Dilepas Saat Mencuci Helm

Luthfi Anshori - Kamis, 16 November 2017 | 10:00 WIB
Komponen Expanded Polystyrene/Styrofoam pada helm
Fadhliansyah
Komponen Expanded Polystyrene/Styrofoam pada helm


GridOto.com - Seiring pemakaian, perangkat helm tentunya wajib dicuci. Apalagi jika sering digunakan setiap hari diberbagai kondisi cuaca.

Jika kesulitan mencuci sendiri, sekarang pun sudah banyak bengkel-bengkel yang tawarkan jasa pencucian helm. Tapi jangan asal cuci ya. Perhatikan pula part yang pantang dilepas.

Dijelaskan Aditya Wahyu Utama, dari workshop detailing apparel dan helm 1Ds Inside, saat mencuci helm usahakan jangan melepas bagian EPS  atau Expanded Polystyrene Styrofoam.

"EPS dari pabrikan helm sudah dipasang sangat presisi, kalau dilepas belum tentu kita bisa memasangnya secara presisi juga. Komponen ini sangat penting untuk melindungi ketika ada benturan, kalau posisi EPS berubah jadinya helm tidak akan menahan sempurna ketika menerima benturan," ucap pria yang disapa Bang WU ini.

(BACA JUGA: Gokil! Tanpa Dosa Beko Ini Jalan Lawan Arus di Tengah Kemacetan Daerah Cibubur)

Selanjutnya dari bagian pencucian busa helm, Bang WU menjelaskan yang penting gunakan sabun yang hanya sedikit mengeluarkan busa.

"Sabun bisa apa saja, yang penting yang sedikit mengeluarkan busa, dan gunakan air yang dicampur antara air dingin dengan air hangat, selain itu jangan merendam busa helm terlalu lama karena ada beberapa kulit busa helm yang berbahan sintetis kulit jadinya bisa rusak," tambah wahyu.

Selanjutnya soal pengeringan, pria ramah ini mengatakan jangan mengeringkan dibawah sinar matahari atau menggunakan hairdryer.

"Mengeringkan busa helm pakai kipas angin saja cukup, jangan pakai hairdryer atau dijemur di bawah sinar matahari, karena hairdryer mengeluarkan udara yang panas sehingga lama-lama busa akan kempis, sedangkan sinar matahari selain udara panas juga memberikan bau sangit pada busa helm," lanjutnya.

(BACA JUGA: Ini Dia Nenek Dari Ducati Scrambler Saat Ini, Enggak Kalah Cakep Sama Cucunya!)

Terakhir untuk bagian batok helm, cukup dilap pakai kain microfiber atau dipoles saja.

"Untuk batok helm, cukup dipoles saja dan dilap pakai kain microfiber, dan jika di dalam bagian EPS ada air tersisa, baiknya segera disemprot pakai blower agar air bisa keluar," pungkasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Luthfi Anshori

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa