Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gokil! Tanpa Dosa Backhoe Ini Jalan Lawan Arus di Tengah Kemacetan Daerah Cibubur

Ivan Casagrande Momot - Rabu, 15 November 2017 | 21:44 WIB
beko melawan arus di tengah kemacetan
Ivan Casagrande Momot
beko melawan arus di tengah kemacetan

GridOto.com - Ada pemandangan menarik saat GridOto melintas di ruas jalan Transyogi, hari ini (15/11) tepat di depan perumahan Citra Grand, Cibubur, Jakarta Timur ada beko yang kedapatan tengah jalan melawan arus.

Alhasil meski hanya melintas lebih kurang 300 meter, backhoe atau ekskavator tersebut sukses membuat kemacetan di area jalan tersebut makin parah.

Pasalnya arus lalu lintas depan tanjakan Perumahan Citra Grand tersebut memang tengah dikebut proyek pembangunan ruas tol Cimanggis-Cibitung hingga median jalan yang tadinya 3 lajur tersisa 2 lajur saja.

Terkait Beko yang melawan arus jalan tersebut hal ini tentu melanggar ketentuan lalu lintas.

"Untuk backhoe atau buldoser itu termasuk heavy equipment atau alat berat jadi memang tidak bisa digunakan di jalan umum kecuali di area konstruksi" buka Jusri Pulubuhu, Road Safety Consulting & Driving Training Certification dari Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC).

beko diijinkan jalan di area konstruksi
Kompas.com
beko diijinkan jalan di area konstruksi
Pasalnya backhoe atau buldoser itu masuk alat berat dengan bobot lebih dari 40 ton dan berpotensi bisa merusak struktur jalan.

"Kendaraan maksimal yang bisa melintas di jalan raya itu termasuk dalam kategori 3. Ada 1 poros axle berbobot 12 ton. Sementara backhoe itu enggak ada sumbu rodanya jadi memang tidak diperbolehkan" tambah Jusri.

Namun Jusri mengakui ada diskresi atau pemakluman jika backhoe tersebut jalan di area jalan raya dalam kawalan pihak kepolisian. Meski tentu harus memerhatikan aspek keamanan pengguna jalan lain.

"Tidak hanya kontruksi jalan yang bisa rusak, aspek keamanan juga penting diperhatikan. Dan sekali lagi yang perlu dicatat hanya bisa jalan di area konstruksi" tegas Jusri.

proyek tol Cimanggis-Cibitung
Kompas.com
proyek tol Cimanggis-Cibitung
Untuk diketahui proyek tol Cimanggis-Cibitung tengah dikerjakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang operasionalnya digarap PT Waskita Toll Road.

Progres pembangunan jalan tol ini memang tengah dikebut setelah sempat mangkrak sejak Oktober 2015 silam.

 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa