Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hindari 3 Kebiasaan Ini Jika Kampas Kopling Motor Anda Ingin Enggak Cepat Aus

Luthfi Anshori - Kamis, 9 November 2017 | 11:00 WIB
Sering gantung tuas kopling bisa bikin kampas kopling cepat aus
Ruslan Abdul Gani
Sering gantung tuas kopling bisa bikin kampas kopling cepat aus

GridOto.com - Pernah mengalami kejadian kampas kopling terasa aus, padahal diganti belum lama atau motor sport yang kita beli masih kondisi baru.

Kira-kira penyebabnya apa ya? Ada banyak faktor yang membuat kampas kopling manual jadi lebih cepat aus dari perkiraan usianya, yang antara 15.000-20.000 km.

Salah satunya gara-gara cara berkendara kita yang salah. "Selain karena usia pakai, kampas kopling cepat aus gara-gara gaya berkendara kita," buka Eddy Yulianto, Kepala Mekanik Super Sukses Motor Kawasaki, Fatmawati, Jakarta Selatan, ditemui GridOto.com (8/11).

"Cara menekan tuas sangat mempengaruhi keawetan kampas kopling, biasanya pas mengoper gigi, menekan tuas hanya setengah kopling alias ngegantung," kata Eddy.

(BACA JUGA: Bikin Ngilu, Begini Dampaknya Jika Motor Terus Memakai Kampas Kopling yang Aus)


"Saat tuas kopling tertekan hanya setengah, beban kerja kampas kopling lebih besar karena tidak renggang sempurna, otomatis cepat tipis karena bergesekan dengan plat kopling," terangnya lagi.

Kebiasaan lain penyebab kampas cepat aus yaitu dari cara melepas tuas kopling.

"Melepas tuas kopling juga jangan terlalu lambat, putaran mesin sudah tinggi tapi kopling masih menahan, ini bisa bikin kampas cepat aus," imbuhnya pria yang akrab disapa Edoy ini.

Selain itu, gaya berkendara juga sangat berpengaruh terhadap keawetan kampas, karena sistem kopling bekerja saat motor berjalan.

"Saat berkendara sering menekan tuas kopling seperti pas berhenti di lampu merah, motor keadaan masuk gigi dan menekan tuas kopling, lebih baik di-netral saja," wantinya.

Editor : Luthfi Anshori

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa