Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Pentingnya Fungsi Kampas Kopling di Motor Bebek dan Sport

Luthfi Anshori - Kamis, 9 November 2017 | 09:15 WIB
Kampas kopling
otomotifnet.com
Kampas kopling

GridOto.com -Pada mesin motor manual seperti jenis bebek dan sport, ada komponen yang biasa disebut kopling.

Fungsi perangkat ini untuk memutus dan menghubungkan mesin dengan transmisi, yang kemudian diteruskan ke gigi utama, untuk selanjutnya berakhir di putaran roda.

Salah satu part dari beberapa part yang ada di kopling adalah kampas kopling. Letak kampas kopling biasanya berada di bagian dalam mesin sebelah kanan.

Lalu apa sih fungsinya kampas kopling?

(BACA JUGA: Mau Satria Fu 150 Kamu Makin Ngacir, Pakai Deh Rumah Kopling 6 Per)

"Kalau ngomongin fungsi, kampas kopling memiliki peran sangat penting buat motor," buka Eddy Yulianto, Kepala Mekanik Super Sukses Motor Kawasaki, Fatmawati, Jakarta Selatan, kepada GridOto.com, beberapa waktu lalu.

"Fungsinya untuk memutuskan sekaligus menyalurkan tenaga putaran mesin dari poros engkol ke transmisi, yang membuat roda belakang berputar," beber Eddy.

Jenis kopling sendiri ada 2, yaitu kopling otomatis dan kopling manual, kedua jenis ini dibedakan dari cara kerjanya.

"Kalau otomatis menggunakan gaya sentrifugal, menyalurkan tenaga tergantung putaran mesin, jadi posisi susunan kampas kopling sama plat kopling renggang, tapi setelah motor mulai digas sistem kampas dan plat secara perlahan merapat, meneruskan ke transmisi sampai akhirnya ke roda belakang," terang Eddy yang sering dipanggil Edoy.

"Lain halnya dengan kopling manual susunan kampas kopling dan plat kopling rapat, jadi cara kerjanya berbeda ditentukan oleh pengendaranya, jika handel kopling ditekan, kampas dan plat akan merenggang dan tenaga dari mesin menuju transmisi lepas, makanya motor digas nggak jalan," pungkas Eddy.

Editor : Luthfi Anshori

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa