Hindari Macet Parah, Jasa Marga dan Kepolisian Rekayasa Lalin di Tol Kaligawe Semarang

M. Adam Samudra - Kamis, 8 Juni 2023 | 08:15 WIB

Ilustrasi jalan tol. (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Atas diskresi pihak Kepolisian, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melakukan simulasi rekayasa lalu lintas (lalin) mulai tanggal 8 Juni 2023 pukul 10.00 WIB s.d 10 Juni 2023.

Simulasi rekayasa lalin ini untuk mendukung proyek pekerjaan peninggian jalan dan Jembatan Tol Kaligawe, Semarang.

Hal ini seperti disampaikan oleh General Manager Representative Office 2 Ruas Semarang Seksi A,B,C PT JTT, Nasrullah.

Nasrullah menjelaskan, skema simulasi rekayasa lalin di sekitar Jembatan Tol Kaligawe dipersiapkan agar alternatif rute perjalanan masyarakat yang mengakses jalan nasional di sekitar jembatan tol masih tetap dapat dijalankan dengan aman.

“Rekayasa lalin ini juga mempertimbangkan akses masuk dan keluar bagi kendaraan roda dua dan roda empat," kata Nasrullah, Kamis (8/6/2023).

Menurutnya, dipastikan untuk kendaraan roda dua tidak masuk jalan tol, namun hanya melakukan putar balik di akses yang dibuka di KM 438+625 Jalan Tol Semarang Seksi C yang telah disediakan.

"Lokasi akses ini masih sekitar 2 KM sebelum gerbang tol (GT) terdekat, yaitu GT Muktiharjo,” katanya.

PT Jasamarga Transjawa Tol bersama dengan pihak terkait telah menyiapkan mitigasi risiko rekayasa lalin yaitu dengan menyiapkan water barrier dan rubber cone di sepanjang akses putar balik, perambuan, serta menyiapkan petugas Flagman 24 jam.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Proyek Jalan Tol Semarang - Demak Seksi 1A Benny Christiawan menyampaikan bahwa proyek peninggian jalan dan Jembatan Tol Kaligawe ini dilakukan sebagai dampak dari proyek pekerjaan Jalan Tol Semarang - Demak Seksi 1A.

”Pekerjaan peninggian jalan dan Jembatan Tol Kaligawe merupakan bagian perencanaan pembangunan Jalan Tol Semarang – Demak," ucapnya.

Baca Juga: Libur Panjang , Jasa Marga Catat 482 Ribu Lebih Kendaraan Tinggalkan Jabotabek