Makin Ramai, GIIAS 2023 Bakal Diserbu Brand Mobil Asal China

Wisnu Andebar - Rabu, 24 Mei 2023 | 18:45 WIB

Puluhan APM mobil dipastikan hadir di GIIAS 2023 (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Sejumlah brand mobil asal China dipastikan akan menyerbu pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE, BSD City, Tangerang pada 10 hingga 20 Agustus 2023.

Selain Wuling, DFSK, dan MG yang sudah familier di Indonesia, tercatat merek China seperti Haval, Neta, Ora, dan Tank akan menyapa publik untuk pertama kalinya di GIIAS 2023.

Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi pun memberikan pandangannya terkait banyaknya brand baru asal China yang meramaikan GIIAS 2023.

"Saya melihat ada dua hal positif. Mereka melihat Indonesia memiliki potensi market yang luar biasa," kata Nangoi saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (24/5/2023).

"Kedua, mereka berani ikut pameran ini meskipun dari segi biaya tidak sedikit mulai dari menyewa tempat booth, mendatangkan kendaraan, logistik selama pameran, dan orang untuk menjaga pameran dalam waktu 10 hari, itu enggak mudah," sambungnya.

Wisnu/GridOto.com
Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi (kiri) dan Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penelenggara Pameran GAIKINDO (kanan)


Namun, karena mereka melihat potensi market di Indonesia yang baik, sehingga berani untuk menginvestasikan uangnya di GIIAS 2023 meski belum jualan.

Sementara Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO mengatakan, tujuan brand China tersebut tentunya untuk memperkenalkan produknya di Tanah Air.

"Betul, memang ada beberapa brand China yang baru pertama kali ikut pameran, kami belum tahu mereka mau langsung jualan atau tidak," ujar Rizwan.

Dirinya mengungkapkan, banyaknya brand baru yang berdatangan lantaran Indonesia memiliki industri serta pasar yang baik.

Baca Juga: Puluhan Brand Mobil, Motor Hingga Karoseri Dipastikan Ramaikan GIIAS 2023, Catat Tanggalnya!

"Mereka melihat industri otomotif di Indonesia berkembang cepat, recovery cepat, banyak dibantu pemerintah karena pengaruh jalan tol industri otomotif sangat sangat kuat di 2023 dan akan lebih baik," sebutnya.

"Jadi di GIIAS 2023 mereka akan tampil dulu untuk memperkenalkan produknya karena melihat potensi yang begitu besar," pungkas Rizwan.