Hotman Paris Minta Nomor Pejabat KNKT, Pertanyakan Unsur Kelalaian Sopir Kecelakaan Bus Guci

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 16 Mei 2023 | 14:05 WIB

Pengacara kondang Hotman Paris (kanan) minta nomor HP pejabat KNKT untuk membantu sopir bus yang dijadikan tersangka dalam kasus kecelakaan bus Guci. (Naufal Nur Aziz Effendi - )

GridOto.com - Persoalan kecelakaan bus yang masuk sungai di Objek Wiasata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu (7/5/2023) lalu belum rampung.

Dengan ditetapkan sopir bus sebagai tersangka, hal tersebut malah menuai pro-kontra di kalangan masyarakat.

Salah satu pengacara kondang Tanah Air, Hotman Paris Hutapea, bahkan sampai turun tangan karena saking hebohnya.

Lewat akun Instagram resmi miliknya @hotmanparisoffical, ia menyatakan akan membantu secara hukum sopir bus berisial R tersebut.

"Hotman telah dihubungi oleh anak tersangka, sebagai tindak lanjut Hotm8an911 sudah menghubungi pengacara di Tegal Mas Ahmad, untuk mendampingi tersangka di Polres," kata Hotman, dikutip dari akun @hotmanparisofficial.

Dalam postingan terbarunya, Hotman Paris menunggah video wawancara dengan seorang pejabat Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang menjelaskan bahwa rem tangan dalam kondisi aktif saat kejadian bus meluncur ke sungai.

"Pada saat kejadian, handbrake-nya narik (aktif), kemudian saat bus diangkat, posisi ban terkunci, lalu saat kita lihat videonya, bus meluncurnya enggak cepat, saksi di lapangan juga mengatakan bus sempat melambat saat meluncur," katanya.

Menurut pejabat KNKT itu, empat hal yang disebutkannya memperkuat pernyataan bahwa handbrake atau rem tangan bus saat kejadian posisinya sudah aktif.

"Kemungkinannya kecil kalau handbrake tersebut di-release, karena kalau dibandingkan dengan kecelakaan lain yang posisinya dari netral, kendaraan akan melaju sangat cepat, namun kecelakaan di Guci ini bus melaju dengan kecepatan konstan dan relatif pelan," jelasnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dr. Hotman Paris SH M.Hum (@hotmanparisofficial)

Baca Juga: Hotman Paris Bantu Sopir Bus Kecelakaan Guci yang Jadi Tersangka