Alasan Pertamax Jadi 'Minuman' Favorit Daihatsu Xenia di HFD 2023

Wisnu Andebar - Minggu, 23 April 2023 | 16:53 WIB

Daihatsu Xenia isi BBM Pertamax dari Pertamina (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Daihatsu Xenia 1.5 R ASA CVT menjadi salah satu peserta dalam acara Holiday Fun Drive (HFD) 2023, yang diselenggarakan oleh GridOto dan Tabloid OTOMOTIF mulai 19 hingga 28 April.

Selama HFD 2023, Daihatsu Xenia menemani perjalanan saya untuk mudik kedua tempat sekaligus yaitu ke Pati, Jawa Tengah dan akan dilanjut ke Blitar, Jawa Timur.

Dibekali mesin 1.500 cc berteknologi NR-VE Dual VVT-i, Daihatsu Xenia terbukti memberikan pengalaman berkendara yang lincah di segala kondisi jalan.

Dengan tenaga maksimal 106 dk dan torsi maksimal 138,2 Nm, saya pun enggak merasa khawatir ketika melewati jalan tanjakan saat mudik Lebaran 2023.

Lantas, jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) apa yang cocok untuk Daihatsu Xenia generasi ketiga agar performa mesinnya tetap prima?

Sebelumnya harus dilihat terlebih dahulu rasio kompresi dari mesin Daihatsu Xenia, yang mana memiliki angka 11,5 : 1.

Dengan spesifikasi tersebut, Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) besutan Daihatsu ini dianjurkan minimal menenggak bensin Research Octane Number (RON) 92 setara Pertamax dari Pertamina.

Dengan menggunakan Pertamax, membuat pembakaran menjadi lebih sempurna dan tidak meninggalkan residu sehingga sangat direkomendasikan buat kendaraan sehari-hari saat ini.

Selain menghasilkan pembakaran yang sempurna, Pertamax juga memiliki kelebihan lainnya berkat formula Pertamina Technology (Pertatec).

Baca Juga: Libas Jalan Tol Semarang, Akselerasi Daihatsu Xenia Tetap Lincah di Tanjakan

Pertatec merupakan zat aditif yang memiliki kemampuan untuk membersihkan endapan kotoran pada mesin sehingga lebih awet, menjaga dari karat, serta lebih efisien.

Menariknya, SPBU Pertamina tersebar merata di sepanjang rute mudik saya, bahkan hingga pelosok desa didukung SPBU Pertashop.

Sekadar info, HFD 2023 kali ini mengusung tema Battle of Fuel Efficiency, yang akan menantang para tester adu efisiensi bahan bakar dengan memanfaatkan berbagai teknologi dan fitur yang terdapat di mobil ditambah dengan teknik mengemudi Eco Driving.

Total ada 13 mobil yang akan beradu irit di HFD 2023, meliputi Cherry Tiggo 7 Pro, Citroen C3, Daihatsu Xenia, Honda WR-V RS, Hyundai Staria, Mazda2 Sedan, Kia Grand Carnival.

Kemudian ada Wuling Cortez, Nissan Kicks, Suzuki Baleno, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, Toyota Kijang Innova Zenix Bensin, dan Isuzu Mu-X.

Nah, untuk mengikuti perjalanan Daihatsu Xenia yang saya kendarai, pantau terus GridOto.com, serta media sosial Facebook dan Instagram GridOto dengan tagar #HolidayFunDrive2023 dan #HFD2023.