Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Holiday Fun Drive 2023

HFD 2023 Daihatsu Xenia Tiba di Pati, Konsumsi BBM Dapat Segini

Wisnu Andebar - Sabtu, 22 April 2023 | 06:55 WIB
Daihatsu Xenia tiba di Pati, Jawa Tengah
Wisnu/GridOto.com
Daihatsu Xenia tiba di Pati, Jawa Tengah

GridOto.com - Daihatsu Xenia tipe 1.5 R CVT ASA menjadi teman perjalanan saya dalam acara Holiday Fun Drive (HFD) 2023, yang diselenggarakan oleh GridOto dan Tabloid OTOMOTIF mulai 19 hingga 28 April.

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 12 jam, akhirnya saya tiba di kampung halaman di Pati, Jawa Tengah pada Jumat (21/4/2023) siang sekitar pukul 11.30 WIB.

Berdasarkan trip meter mobil yang sebelumnya telah direset, secara total Daihatsu Xenia yang saya kendarai menempuh 636 kilometer untuk rute Jakarta-Pati via Tol Trans Jawa.

Adapun konsumsi BBM rata-rata Daihatsu Xenia hingga tiba di Pati menunjukkan 16 km/l.

Oiya, hasil BBM rata-rata tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor dan dapat berubah menyesuaikan kondisi lalu lintas, gaya berkendara, beban penumpang, dan lainnya.

Kondisi lalu lintas selama arus mudik Lebaran 2023 yang saya alami cukup variatif, yaitu sempat tersendat di Tol Jakarta Cikampek KM 47 hingga Tol Cipali KM 77.

Konsumsi BBM Daihatsu Xenia 16 km/l dengan berbagai kondisi lalu lintas dan jalan yang beragam.
Wisnu/GridOto.com
Konsumsi BBM Daihatsu Xenia 16 km/l dengan berbagai kondisi lalu lintas dan jalan yang beragam.


Setelah itu kondisi cenderung lancar, dan berdasarkan pantauan GridOto.com tidak ada penerapan sistem one way maupun contra flow di sepanjang jalur Tol Trans Jawa semalam.

Kemudian dari segi muatan bisa dibilang Daihatsu Xenia yang saya kendarai cukup penuh, dengan total tujuh orang dewasa dan satu anak.

Belum lagi ditambah barang bawaan kami yang menumpuk di bagasi belakang seperti koper, tas, dan kebutuhan lainnya.

Baca Juga: HFD 2023 Geber Daihatsu Xenia Buat Mudik Sampai Blitar dengan Muatan Penuh, Seberapa Irit?

Untuk gaya berkendara saya lebih menerapkan eco driving selama perjalanan, yakni tidak melakukan akselerasi secara tiba-tiba serta menjaga kecepatan konstan.

Kecepatan tertinggi saya capai antara 80-100 km/jam saja, untuk menjaga kenyamanan keluarga di dalam kabin.

Adapun untuk dapur pacunya, Daihatsu Xenia yang saya kendarai dibekali mesin 1.500 cc berteknologi NR-VE Dual VVT-i yang punya tenaga sebesar 106 dk dan torsi maksimal 138,2 Nm.

Mesin tersebut disandingkan dengan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) dan disalurkan ke roda depan (FWD).

Sebagai informasi, HFD 2023 kali ini mengusung tema Battle of Fuel Efficiency, yang akan menantang para tester adu efisiensi bahan bakar dengan memanfaatkan berbagai teknologi dan fitur yang terdapat di mobil ditambah dengan teknik mengemudi Eco Driving.

Total ada 13 mobil yang akan beradu irit di HFD 2023, meliputi Cherry Tiggo 7 Pro, Citroen C3, Daihatsu Xenia, Honda WR-V RS, Hyundai Staria, Mazda2 Sedan, Kia Grand Carnival.

Kemudian ada Wuling Cortez, Nissan Kicks, Suzuki Baleno, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, Toyota Kijang Innova Zenix Bensin, dan Isuzu Mu-X.

Nah, untuk mengikuti perjalanan Daihatsu Xenia yang saya kendarai, pantau terus GridOto.com, serta media sosial Facebook dan Instagram GridOto dengan tagar #HolidayFunDrive2023 dan #HFD2023.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa