Pendaftar Ganda Mudik Gratis Tembus 1.600 Orang, Kemenhub Buka Registrasi Ulang?

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 18 April 2023 | 04:05 WIB

Kemenhub temukan 1.600 pendaftar ganda program mudik gratis Lebaran 2023. (foto ilustrasi) (Naufal Nur Aziz Effendi - )

GridOto.com - Sekitar 1.600 orang yang mendaftar mudik gratis Kemenhub 2023, ternyata juga mendaftar dalam program mudik gratis yang diselenggarakan oleh kementerian atau instansi lainnya.

Menurut Suharto, Direktur Angkutan Jalan Kemenhub, hal tersebut terungkap berkat aplikasi Mitra Darat yang mulai digunakan dalam periode mudik libur lebaran tahun ini.

"Ada kurang lebih 1.600 data yang mendaftar di beberapa lokasi sehingga dengan adanya aplikasi ini kami sudah langsung mengetahui siapa saja yang coba-coba untuk mendaftar iseng-iseng," ujar Suharto, dikutip dari Kompas.com, Senin (17/4/2023).

Sebagai tindakan pencegahan, Suhato mengatakan pihaknya akan melakukan konfirmasi ulang dengan pendaftar ganda tersebut untuk memilih salah satu program mudik yang sudah berhasil didaftarkan.

Tercatat sebanyak 350 orang memilih untuk mengikuti program mudik gratis Kemenhub 2023, sedangkan sisanya memilih program mudik gratis di kementerian atau instansi lain seperti Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Jasa Raharja.

"Selebihnya yang tidak mendaftar ini kami anggap dia tidak serius, maka kami hapus data itu. Lalu kami buka kembali (pendaftaran mudik gratis Kemenhub) sehingga ini memberikan kesempatan bagi masyarakat yang membutuhkan. Ini salah satu manfaat aplikasi yang kami rasakan," ungkapnya.

Suharto mengakui bahwa kinerja aplikasi Mitra Darat masih belum sempurna karena masih banyak masyarakat yang kesulitan untuk melakukan pendaftaran mudik gratis secara online melalui aplikasi ini.

Selain itu, kuota mudik gratis Kemenhub yang menggunakan bus langsung ludes diambil oleh masyarakat tidak lama setelah pendaftaran dibuka.

"Banyak masyarakat yang merasakan kesulitan untuk masuk ke aplikasi ini. Ya memang, kebetulan aplikasi ini baru dan banyak peminat dari masyarakat," jelasnya.

Baca Juga: Kisah Peserta Mudik Gratis Lebaran 2023 Pemprov Jateng, Full Senyum Karena Bisa Irit Jutaan Rupiah

Namun, setidaknya Kemenhub bisa mengantisipasi pendaftar ganda pada mudik gratis tahun ini sehingga armada yang tidak terpakai dapat diminimalkan.

Suharto meyakini bahwa tidak hanya armada Kemenhub, tetapi juga di kementerian atau instansi lainnya masih terdapat bus-bus yang kosong pada pelaksanaan mudik gratis tahun ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kemenhub Temukan 1.600 Pendaftar Mudik Gratis Ganda