Jelang Mudik 2023, Komandan Terminal Bus Terbesar di Asia Tenggara Beberkan Persiapannya

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 21 Maret 2023 | 09:35 WIB

Komandan terminal bus terbesar di Asia Tenggara atau Terminal Terpadu Pulo Gebang melakukan sejumlah persiapan jelang mudik 2023. (Naufal Nur Aziz Effendi - )

GridOto.com - Periode Mudik 2023 berlangsung beberapa Minggu lagi, Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur sudah melakukan persiapan.

Pada musim mudik Lebaran 2023 ini, Presiden RI Joko Widodo sudah mencabut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di seluruh Indonesia.

Meski begitu, bagi para pemudik yang mau berangkat ke kampung halaman dari Terminal Terpadu Pulo Gebang, diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Imbauan saya kepada seluruh masyarakat yang mau berangkat dari Terminal Terpadu Pulo Gebang, sebaiknya tetap menggunakan masker. Hal ini untuk mencegah bahaya yang mengancam kesehatan yang mungkin masih ada penularan Covid-19 atau penyakit lain," jelas Komandan Regu (Danru) Operasional Terminal Terpadu Pulo Gebang, Bonari, dikutip dari Kompas.com, Senin (21/3/2023).

Terminal tipe A dan terbesar di Asia Tenggara tersebut merupakan salah satu titik tersibuk saat musim mudik, khususnya para penumpang bus AKAP.

Untuk persiapan menghadapi mudik 2023, Bonari menjelaskan pihaknya membuka layanan ramp check bus yang mau berangkat.

Ramp check merupakan pemeriksaan atau inspkesi keselamatan armada bus khususnya yang mau berangkat dari Terminal Terpadu Pulo Gebang.

"Pemeriksaaan sangat ketat karena sering terjadi kecelakaan yang disebabkan kelaikan kendaraan tidak memenuhi syarat," kata Bonari.

Bonari menegaskan, tidak ada kuota saat pemeriksaan ramp check.

Baca Juga: Harga Tiket Bus Mudik Lebaran 2023 Bisa Naik tapi Tidak Melambung Tinggi, Begini Penjelasan Kemenhub