Bukan Cuma Kasih Uang, Lenovo Punya Peran Teknis Besar di Tim Ducati

Rezki Alif Pambudi - Rabu, 8 Februari 2023 | 20:08 WIB

Tak hanya memberikan pendanaan, brand komputer Lenovo juga memberikan dukungan teknis buat Ducati (Rezki Alif Pambudi - )

GridOto.com - Ducati Corse dan sponsor utamanya, Lenovo, dianggap telah menaikkan standar sponsorship di kejuaraan dunia MotoGP.

Sebagai sponsor utama, posisi brand asal China ini tentunya untuk mendukung finansial tim Ducati Lenovo di MotoGP.

Namun ternyata perannya bukan itu saja, karena mereka juga memegang banyak tugas teknis di tim Ducati Lenovo.

Hal itu diungkap langsung oleh Lara Rodini, Direktur sponsorship Lenovo.

Menurut Rodini, investasi di MotoGP sebagai olahraga yang sangat mengedepankan teknologi, sangat cocok menjadi sarana sponsorship.

"Bukan cuma sponsorship untuk marketing, ada banyak lainnya," kata sang Direktur dilansir GridOto.com dari Corsedimoto.

Contohnya adalah fasilitas komputasi Ducati Corse dalam mendesain motor Desmosedici GP, khususnya komponen aerodinamikanya, semua dipasok oleh brand yang sudah berusia 38 tahun ini.

"Selanjutnya peran saat di trek, misalnya mencari data dan analisisnya secara real time, lalu dukungan dalam keputusan-keputusan penting dalam akhir pekan MotoGP," sambungnya.

"Tak hanya itu, kami juga mendukung Ducati dalam aplikasi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), kerja jarak jauh, dan garasi jarak jauh, pusat kontrol dalam aktivitas balap secara langsung dari petinggi Borgo Panigale, semuanya sudah beroperasi penuh," jelasnya.

Baca Juga: Jika Ada Pabrikan Melawan, Aturan Tekanan Angin Ban di MotoGP 2023 Bisa Batal Diterapkan