Bukan Bikin Motor, Livio Suppo Ungkap Tugas Ken Kawauchi di Honda

Rezki Alif Pambudi - Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:05 WIB

Livio Suppo ungkapkan tugas Ken Kawauchi di Honda (Rezki Alif Pambudi - )

GridOto.com - Selain Joan Mir dan Alex Rins, hadirnya Ken Kawauchi dianggap menjadi suntikan kekuatan besar di kubu Honda untuk MotoGP 2023.

Sebagai Manajer Teknis baru Honda Racing Corporation (HRC) untuk MotoGP 2023, sebenarnya apa sih detail tugas Ken Kawauchi ?

Livio Suppo sebagai mantan bos Honda yang tahun lalu menangani Suzuki, punya jawaban soal tugas Ken Kawauchi di Honda pada MotoGP 2023.

"Ken sebelumnya adalah Direktur Teknis Suzuki. Artinya seluruh teknisi tim harus melaporkan semua kepadanya tiap setelah latihan dan balapan," kata Suppo dilansir GridOto.com dari MotoGP.com.

Kawauchi akan menjadi penghubung semua lini teknis di Honda.

"Dialah yang akan menjalankan seluruh pertemuan teknis, jadi Ken sangat bagus untuk mengumpulkan informasi dan mengirimkannya ke pabrikan," jelas pria Italia ini.

Khusus untuk pabrikan Jepang, peran Kawauchi ini sangat vital sebagai penghubung seluruh informasi teknis.

Ada kendala jarak dan komunikasi antara insinyur dan pabrikan di Jepang, dengan para teknisi yang lebih sering berada di Eropa.

Kawauchi yang harus memastikan seluruh lini teknis bekerja ke arah yang sama dan berkesinambungan, dan hal ini yang tahun lalu menjadi masalah besar Honda.

Baca Juga: Tak Memakai Kunci Kontak, Bagaimana Cara Menghidupkan dan Mematikan Motor MotoGP?