Bupati Lumajang Heran Proyek Tol Baru di Solo Dapat Penolakan dari Tiga Pemkab

Ruditya Yogi Wardana - Minggu, 8 Januari 2023 | 20:30 WIB

Ilustrasi. Wacana proyek tol baru di Solo, yakni Tol Lingkar Timur-Selatan Solo dapat penolakan dari tiga pemkab. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Wacana proyek tol baru di Solo, yakni Tol Lingkar Timur-Selatan Solo mendapat penolakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Sukoharjo dan Karanganyar.

Alasan mereka juga hampir sama, seperti tak setuju dengan konsepnya yang dibuat jalan tol dan masalah penggunaan lahan sawah untuk proyek.

Tentunya penolakan proyek tol baru di Solo ini mendapat perhatian dari pihak lain, salah satunya Bupati Lumajang, Jawa Timur yaitu Thoriqul Haq.

Thoriq justru sempat berkelakar, kalau proyek tol baru di Solo tadi sebaiknya diberikan untuk Kabupaten Lumajang saja.

"Tidak ribet dan semua setuju, apalagi sudah ada Perpres dan Presiden Joko Widodo sudah tanda tangan," katanya, dikutip dari Kompas.com, Jumat (06/01/2023).

Ia justru merasa heran, ketika ada penolakan proyek Tol Lingkar Timur-Selatan Solo dari beberapa pemkab.

Menurutnya hal tersebut justru berbanding terbalik dengan Kabupaten Lumajang, yang mana sudah ingin adanya pembangunan tol tapi tak juga terealisasi.

"Saya kan mikirnya kok ada bupati yang menolak proyek tol sementara kita yang ingin tol malah enggak dapat, jadi menurut saya sayang sekali tidak dikasihkan ke Lumajang saja," ungkap Thoriq.

Terkait penolakan tiga bupati yang menolak pembangunan tol baru di Solo, Thoriq enggan untuk berkomentar lebih jauh.

Baca Juga: Pro Kontra Wacana Tol Lingkar Timur-Selatan Solo, Pemkot Solo Mengaku Butuh, Tapi Tiga Bupati Merasa Keberatan