Pemprov Jabar Ingin Proyek Tol Soreang-Cianjur Bisa Diakselerasi, Paling Tidak Bisa Digarap pada 2024 Mendatang

Ruditya Yogi Wardana - Jumat, 5 Agustus 2022 | 10:50 WIB

Ilustrasi. Pemprov Jabar masih upayakan akselerasi proyek jalan tol Soreang-Cianjur. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Percepatan realisasi proyek tol Soreang-Cianjur masih terus diupayakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar).

Seperti melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Kementerian PUPR hingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung serta Cianjur terkait proyek tol Soreang-Cianjur.

Soalnya kalau mengikuti agenda dari Pemerintah Pusat, proyek tol Soreang-Cianjur baru bisa direalisasikan pengerjaannya pada 2034 mendatang.

Hanya saja beberapa pihak ingin proyek jalan tol tersebut diakselerasi lagi, supaya bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jabar, Bambang Tirtoyuliono bahkan sampai berniat untuk melakukan beberapa tahapan terlebih dulu agar proyek jalan tol ini bisa dipercepat.

"Dengan membuat pra-Feasibility Study (FS) oleh pemerintah daerah," ungkapnya, dikutip dari Tribunjabar.id, Selasa (02/08/2022).

Dengan adanya pra-FS, maka Pemprov Jabar bisa meminta proyek tol Soreang-Cianjur direalisasikan paling tidak pada 2024 atau 2025 mendatang.

Untuk sekarang, pra-FS yang sudah dilakukan baru untuk ruas tol Soreang-Ciwidey.

Sementara untuk ruas tol Ciwidey-Cidaun akan dilakukan oleh Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jabar bersama Pemkab Cianjur.

Baca Juga: Meski Tol Soreang-Cianjur Masih Jadi Wacana, Ternyata Begini Respons dari Masyarakat