Tanggapi Kehadiran Hyundai Stargazer, Honda Justru Fokus ke Pasar SUV, Nasib Mobilio Bagaimana?

Harun Rasyid - Selasa, 19 Juli 2022 | 20:00 WIB

Arti di balik nama Hyundai Stargazer (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Hyundai Stargazer yang diperkenalkan 15 Juli 2022 akan bersaing dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander, juga Honda Mobilio di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) di Tanah Air.

Persaingan Hyundai Stargazer di segmen tersebut bisa dibilang ketat, sebab belakangan ini beberapa model tersebut sudah mengalami facelift hingga pembaruan generasi demi menarik minat konsumen.

Namun untuk Honda Mobilio yang terakhir facelift pada 2017, hingga kini masih belum ada tanda-tanda akan mengalami penyegaran seperti pada New Xpander, All New Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia hingga All New Suzuki Ertiga yang kini memiliki varian hybrid.

Menurut Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), pihaknya belum mau banyak berkomentar terkait pembaruan Honda Mobilio.

Sebab hadirnya produk baru Honda didasari oleh kebutuhan dan keinginan para konsumennya.

"Untuk peluncuran suatu produk baru, kami selalu melihat kebutuhan dan keinginan konsumen. Selain itu peluncuran juga akan dilakukan di waktu yang tepat atau mengikuti kondisi pasarnya," ujarnya saat dihubungi GridOto.com, Senin (18/6/2022). 

Dok. Honda Prospect Motor
All New Honda BR-V


Mengenai kendaraan berkapasitas 7 penumpang, HPM kini lebih terfokus dengan model Low Sport Utility Vehicle (LSUV) andalannya yakni All New Honda BR-V.

"Untuk kendaraan 7 penumpang, kami fokus pada All New Honda BR-V yang memiliki ground clearance lebih tinggi dan lebih cocok dengan infrastruktur jalan hingga cuaca di Indonesia," ucap Billy.

Lebih lanjut, ia juga menyatakan jika pasar SUV dinilai lebih menarik dibanding MPV bagi HPM.

Baca Juga: Potret Hyundai Stargazer yang Berhasil Tertangkap Kamera, Seperti Inikah Tampilan Varian Termurahnya?

"Yang kami pelajari sekarang ini, pasar SUV mulai dari Small SUV, Low SUV, Compact SUV, Medium SUV dan lainnya terus berkembang. Karena itu kami pasti akan mengikuti keinginan konsumen dalam menyediakan suatu produk," tutupnya.

Sebagai informasi, Honda Mobilio kini hanya tersedia tipe S M/T di situs resminya.

Rayhan Haikal
Honda Mobilio S MT menjadi satu-satunya varian Mobilio.

Harga Honda Mobilio tipe tersebut dibanderol Rp 229,9 juta on the road (OTR) Jakarta.

Sementara Hyundai Stargazer yang belum resmi diluncurkan, ditawarkan Rp 243,3 juta sampai Rp 307,1 juta OTR Jakarta.

Stargazer memiliki empat varian mulai dari Active, Trend, Style dan Prime dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan matic jenis IVT.