Awas Ada Uji Beban di Tol Tangerang-Merak KM 56, Ini Jalur Alternatif yang Bisa Dilewati

Ruditya Yogi Wardana - Selasa, 19 Juli 2022 | 07:21 WIB

Ilustrasi tol Tangerang-Merak (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Buat sobat GridOto yang ingin melintasi jalan tol Tangerang-Merak, harus tahu kabar yang satu ini terlebih dulu.

Jadi PT Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak akan melakukan pengujian beban di Jembatan Ciujung KM 56 tol Tangerang-Merak mulai hari ini, Selasa (19/07/2022).

Rencananya pengujian beban di Jembatan Ciujung KM 56 tol Tangerang-Merak digelar dalam dua tahap.

Dimulai dengan tahap pertama yang dilakukan pada 19-20 Juli 2022 untuk jembatan yang mengarah ke Jakarta.

"Uji beban tahap dua dilakukan pada 25-26 Juli 2022 untuk arah sebaliknya, yaiitu jembatan arah Merak," jelas Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Tol Tangerang-Merak, Uswatun Hasanah, dikutip dari Kompas.com, Senin (18/07/2022).

Lebih lanjut Uswatun menjelaskan, pengujian beban jembatan tersebut perlu dilakukan untuk memastikan Jembatan Ciujung laik fungsi sebelum dioperasikan secara penuh.

Adapun proses pengujiannya meliputi uji dinamis dan uji statis yang melibatkan 30 truk bermuatan 35 ton di atas Jembatan Ciujung.

Dengan dilakukannya uji beban ini, maka pengelola tol Tangerang-Merak pun siap menerapkan rekayasa lalu lintas untuk para pengguna tol.

"Para pengguna jalan yang berencara bepergian menuju Banten ataupun Jakarta wajib menyimak jadwal pelaksanaan uji beban agar bisa merencanakan perjalanan dengan baik," katanya.

Baca Juga: Meski Tol Soreang-Cianjur Masih Jadi Wacana, Ternyata Begini Respons dari Masyarakat