Pertama Kali Dalam Sejarah, Brasil Jadi Salah Satu Tuan Rumah Formula E Tahun Depan

Naufal Shafly - Kamis, 12 Mei 2022 | 13:30 WIB

ilustrasi balap Formula E (Naufal Shafly - )

GridOto.com - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Brasil akan menjadi salah satu tuan rumah Formula E terhitung mulai musim 2023, dengan kontrak selama lima tahun.

Formula E Brasil yang akan diadakan di Kota Sao Paulo ini juga akan terasa spesial, sebab pada musim tersebut mobil Formula E generasi ketiga akan digunakan untuk pertama kalinya.

Alberto Longo, Co-founder and Chief Championship Officer Formula E menyebut, pihaknya sangat antusias dan menyambut baik penyelenggaraan Formula E di Brasil.

“Kami senang bahwa Kejuaraan Dunia Formula E akan diselenggarakan di Brasil untuk pertama kalinya, sambil menunggu persetujuan FIA pada bulan Juni,” kata Longo.

“Negara ini memiliki hasrat besar yang sudah berlangsung lama untuk motorsport, ini adalah pasar yang besar sebagai salah satu negara terbesar di dunia, dan Sao Paulo sendiri adalah lokasi balapan yang bersejarah," lanjutnya.

Di sisi lain, Walikota Sao Paulo, Ricardo Nunes, menyebut kesepakatan ini sejalan dengan tujuan Brazil untuk mengurangi emisi gas buang di negara tersebut.

"Menjadi tuan rumah E-Prix sepenuhnya sejalan dengan tujuan kota, yakni untuk menarik serta mempromosikan citra Sao Paulo ke seluruh dunia," ucap Ricardo.

"Selain itu, ajang ini juga untuk menggerakkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja di sektor pariwisata. Serta untuk mendorong pembangunan berkelanjutan,” ujarnya.

Antusiasme psoitif juga dilontarkan oleh Lucas di Grassi, pembalap berkebangsaan Brasil yang saat ini tengah berkompetisi di Formula E bersama tim ROKiT Venturi Racing.

Baca Juga: Jelang Formula E Berlin, Mercedes vs Jaguar Bakal Panas Lagi?