Bosan Lewat Jalur Pantura, Mudik Sekarang Bisa Lewat Pansela, Ini Progresnya

M. Adam Samudra - Sabtu, 23 April 2022 | 13:08 WIB

Jalur Pansela Lot 5 Jerukwudel-Baran-Duwet Daerah Istimewa Jogjakarta (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Bagi Anda yang berencana akan melewati Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa untuk Mudik Lebaran 2022, sebaiknya perlu mengetahui progresnya.

Kementerian PUPR telah membeberkan progres jalan nasional yang sarat akan keindahan alam dan dekat objek wisata itu terhubung.

Seperti disampaikan oleh Kepala Bidang Pembangunan Jalan Jembatan, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah di Yogyakarta Direktorat Jenderal Bina Marga, Javid Hurriyanto.

"Dari jalan pansela tersebut yang sampai September 2021 itu sudah terbangun di Jateng itu 164 km dan di DIY sudah 92,81 km, sehingga masih tersisa untuk di Jateng itu 48,5 km dan di DIY 27,47 km," kata Javid, Sabtu (23/4/2022).

"Jadi secara progres dan gabungan sudah 80 persen sudah terbangun dan sementara sisanya sudah ada yang on going," sambungnya.

Dari pembangunan tersebut, pihaknya mengklaim tidak memiliki kendala.

"Secara teknis gak ada, sepertinya ada galian misal cukup tinggi 15 meter tapi tidak menjadi hambatan kami. Tinggal effort aja menambah SDM dan alat tenaga. Secara teknis gak ada masalah. Hanya saja sebelumnya pandemi mempengaruhi kecepatan di lapangan karena harus memenuhi prokes. Tapi semua masih on schedule," paparnya.

Adam Samudra
Kepala Bidang Pembangunan Jalan Jembatan, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah di Jogjakarta Direktorat Jenderal Bina Marga, Javid Hurriyanto.

Sudah Bisa Dilalui Pemudik

Bagi para pemudik yang akan pulang kampung dan tidak ingin berjibaku dengan kemacetan, kini sudah bisa dilalui.

"Sudah bisa dilalui dari Jeladri. Jadi kalau dari perbatasan Jabar itu kita ada Patimuan Cilacap pakai jalan nasional. Cilacap sampai Kebumen pakai jalan nasional. Nanti dari Kebumen masuk ke jalan Kabupaten Tambak Mulyo Jeladri ke arah Yogya sudah nyambung semua sampai Gunung Kidul dan beberapa lokasi on going. Secara garis besar kita tetap tersambung tinggal ada spot pembangunan kita aliihkan ke jalan nasional," tuturnya.