Kolaborasi Kemenparekraf, Kemenkop UMKM, IMI dan Kalog Sukseskan MotoGP Mandalika

Hendra - Sabtu, 19 Februari 2022 | 15:15 WIB

Sirkuit Mandalika mendongkrak ekonomi nasional (Hendra - )

GridOto.com- Seri ke-2 gelaran MotoGP Mandalika berlangsung pada 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Di tengah keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19, ajang ini menjadi momen kebangkitan industri pariwisata dan industri kecil dan menengah di Indonesia.

Untuk menyukseskan kegiatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Kemenkop UMKM), PP Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan PT Kereta Api Logistik (Kalog) melakukan sinergi di dalam event berskala internasional ini.

Bagi industri pariwisata, MotoGP Mandalika akan mendorong bangkitnya sektor pariwisata, tingkat hunian hotel akan meningkat bukan saja di wilayah Lombok, namun juga wilayah sekitarnya.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Rizki Handayani menyampaikan bahwa penyelenggaraan MotoGP 2022 di Mandalika merupakan momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, NTB pada khususnya, yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Sebagai bentuk dukungan terhadap event MotoGP 2022, Kemenparekraf berkolaborasi dengan IMI menginisiasi kegiatan Touring to MotoGP 2022 yang bertujuan untuk mempromosikan dan mengamplifikasi event MotoGP 2022 dengan melibatkan komunitas pecinta motor/otomotif dari berbagai daerah di Indonesia.

Beberapa aktivitas di dalam kegiatan Touring to MotoGP juga melibatkan pelaku UMKM lokal dan pelaku pariwisata seperti penyedia akomodasi sehingga diharapkan dapat menggerakan perekonomian warga sekitar.

“Kita tahu bahwa Indonesia merupakan fan base MotoGP nomor 1 di dunia, dan komunitas motor/otomotif kita juga memiliki anggota dengan jumlah besar dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan Touring to MotoGP ini kita harapkan dapat memberi gaung antusiasme event dan semangat kebangkitan pariwisata Indonesia yang semakin besar sehingga memberi manfaat berkelanjutan bagi masyarakat NTB dan Indonesia,” kata Rizki.

Seperti yang diketahui, ajang MotoGP memiliki popularitas yang besar dan terus bertumbuh dari seluruh penjuru dunia. Pelaksanaan MotoGP 2022 di Mandalika dapat menjadi salah satu strategi meningkatkan citra pariwisata Indonesia dan benchmark perlaksanaan event-event lain yang akan diselenggarakan dengan penerapan CHSE.

Baca Juga: Ragam Pilihan Tempat Makan Dekat Sirkuit Mandalika, Dari Restoran Italia Hingga Rumah Makan Padang Tersedia

Citra pariwisata yang baik ini kemudian akan memberikan kepercayaan dan menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke NTB sehingga memberi efek keberlanjutan bagi perekonomian masyarakat.