Street Manners - Jangan Panik, Ini yang Harus Dilakukan Pengemudi Saat Hujan Deras dan Angin Kencang di Jalan Tol

Muslimin Trisyuliono - Senin, 14 Februari 2022 | 16:20 WIB

ilustrasi Berkendara di Musim Hujan (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Mengemudi dalam kondisi hujan deras ditambah angin kencang, tentunya membutuhkan kewaspadaan yang tinggi selama di perjalanan.

Tidak hanya membuat jarak pandang ke luar jadi berkurang, hujan deras ditambah angin kencang juga mempengaruhi pengendalian dan kestabilan kendaraan.

Apalagi ketika berada di jalan tol yang minim hambatan, biasanya pengemudi ingin memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan pengemudi ketika menemui kondisi cuaca seperti ini di jalan tol?

Menurut Andry Berlianto, Instruktur Safety Riding & Driving GDDC (Global Defensive Driving Consulting), hal pertama yang harus dilakukan oleh pengemudi yaitu mengurangi kecepatan kendaraan.

"Perhatikan kecepatan, kurangi kecepatan secara signifikan agar kendaraan tidak limbung saat terkena angin keras dari samping atau side wind," ujar Andry kepada GridOto.com, Senin (14/02/2022).

Lebih lanjut, Andry menjelaskan pengemudi harus lebih waspada dengan menghindari aktivitas yang membuat fokus menjadi terpecah.

Begitu juga jangan menyalakan lampu hazard ketika hujan deras, karena menyalahi fungsi sebenarnya yang hanya digunakan sebagai penanda saat kondisi darurat.

Selain itu, wajib untuk menjaga jarak aman yang lebih besar saat kondisi hujan deras ditambah angin kencang.

Baca Juga: Street Manners - Jangan Pakai Model Ponco, Pilih Jas Hujan Bahan Ini Agar Nyaman dan Aman dari Basah

"Jika disituasi normal adalah dua detik, maka disituasi hujan lebat dan berangin bisa dengan jarak lebih panjang yaitu enam sampai delapan detik antar kendaraan," jelas Andry.

"Sebagai ruang antisipasi bergerak jika terjadi gerakan yang berbahaya dari depan," imbuhnya.

Tidak lupa ia juga mengingatkan pengemudi untuk mengecek kondisi wiper agar bisa menyapu air hujan secara maksimal.

Jika dirasa hujan semakin deras jangan panik, dan bisa memilih menepi di rest area.

"Jika jarak pandang tidak memungkinkan segera pantau rest area terdekat untuk dijadikan tempat berhenti sementara," pungkasnya.