Jalan Bypass BIL-Mandalika Jadi Sorotan Kementerian PUPR, Bakal Dipermak Lagi Sebelum MotoGP 2022 Dimulai

Ruditya Yogi Wardana - Jumat, 14 Januari 2022 | 09:20 WIB

Jalan Bypass BIL-Mandalika yang rencananya dipermak dulu sebelum ajang MotoGP 2022 digelar. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL)-Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) jadi sorotan saat Kementerian PUPR.

Soalnya, Jalan Bypass BIL-Mandalika ternyata masih perlu ditata lagi agar terlihat bagus sebelum ajang MotoGP 2022 dimulai.

Yakni dengan melakukan penghijauan di sisi jalan dan penataan koridor jalan termasuk frontage, bahu jalan dan drainasenya.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono bahkan sampai mengatakan kalau jalan ini bakal jadi salah satu contoh jalan nasional dengan penataan yang baik.

Untuk itu, ia meminta agar penataan Jalan Bypass BIL-Mandalika bisa dikerjakan secara serius.

"Perhatikan betul pengawasan lansekap, arsitek dan sentuhan seninya supaya bisa dapat kesan indahnya," katanya, dikutip dari Pu.go.id.

Adapun penataannya dilakukan mulai dari Bundaran Sunggung Bypass BIL-Mandalika hingga Bundara Tri putri di Jalan Nasional Sengkol-Kuta.

Penataan akan dilakukan dalam 3 segmen dengan skala prioritas segmen 2 yang dimulai dari SPBU Pertamina hingga pertigaan pintu masuk VVIP Sirkuit Mandalika sejauh 1,65 Km.

Nantinya pengerjaannya meliputi pelebaran jalan, termasuk jalur pedestrian, badan jalan dan median.

Baca Juga: Pengin Nonton MotoGP Indonesia 2022 di Mandalika? Biro Perjalanan Ini Siapkan Paket Hemat Mulai Rp 2,5 Jutaan