Awas! Ini Dampak Negatif Nekat Bongkar Speedometer Analog Motor Sendiri

Muhammad Farhan - Rabu, 12 Januari 2022 | 12:20 WIB

Ilustrasi bongkar panel instrumen motor speedometer analog (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Awas bisa bikin repot! Inilah dampak negatif yang mengintai kalau nekat bongkar speedometer analog motor sendiri.

Meskipun kelihatannya sederhana, speedometer analog terdiri dari rangkaian komponen yang bekerja secara mekanis.

Kalau sampai salah pasang dan enggak dites lebih dulu, berikut ini efek yang bisa kalian alami saat motor sedang digunakan.

“Paling harus diperhatikan adalah posisi pemasangan jarum-jarum penunjuk yang ada seperti bagian speedometer, tachometer, serta indikator bensin atau suhu mesin yang ada harus benar,” jelas Yan Kardiyan, owner dari bengkel Ramet Speed spesialis speedometer yang ada di Ciseeng, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Bikers Harus Tahu! Begini Cara Kerja Speedometer Motor Model Analog

Jumlah atau kelengkapan jarum yang ada tergantung dari spesifikasi motor itu sendiri, biasanya dilepas seperti saat ingin ganti latar panel instrumen.

Modifikasi ganti latar panel instrumen biasa dilakukan buat yang ingin tampil beda atau bosan dengan tampilan bawaan pabrik.

Aziz
Ilustrasi modifikasi panel instrumen motor

“Pastikan posisi jarum persis seperti pada saat sebelum dibongkar, kalau enggak sesuai pembacaan jarum nanti bisa tidak akurat,” lengkapnya.

Contohnya jika jarum speedometer atau tachometer salah pasang, dijamin bikin bingung saat baca kecepatan laju motor atau putaran mesin.