Ingat! Polisi Harus Pasang Plang 100 Meter Sebelum Titik Operasi Zebra 2021

M. Adam Samudra - Selasa, 16 November 2021 | 08:02 WIB

Ilustrasi Operasi Zebra (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Pemerhati Masalah Transportasi Budiyanto meminta anggota Ditlantas Polda Metro Jaya memasang rambu atau plang tanda dimulainya Operasi Zebra Jaya 2021 di titik-titik operasi.

Rambu tersebut dipasang sekitar 100 meter dari titik operasi.

Pemasangan rambu bertujuan untuk memberi petunjuk kepada para pengendara terkait Operasi Zebra Jaya sehingga mereka mengurangi laju kendaraan.

"Tanda-tanda untuk pemeriksaan harus ada. Jangan sampai tiba-tiba ada pemeriksaan, tapi tidak ada tanda-tanda pemeriksaan," kata Budiyanto di Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Dalam pelaksanaannya, pria yang juga mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya (Purn) AKBP Budiyanto ini menambahkan, polisi juga harus mengutamakan tindakan persuasif dan humanis.

"Pada penegakan hukum terhadap pelanggaran-pelanggaran yang menjadi target Operasi ( TO ) dengan tidak mengesampingkan kegiatan preemtif dan preventif," bebernya.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra Jaya selama dua pekan mulai 15-28 November. Sebanyak lebih 3.000 personel kepolisian diterjunkan dalam Operasi Zebra Jaya.

1. Pelanggar protokol kesehatan

Baca Juga: Spion Variasi Apakah Kena Tilang Saat Operasi Zebra 2021? Ini Penjelasan Polisi