Hasil Tarik Ulur dengan Prinsipal di Jepang, Daihatsu Sempat Pesimis Desain Awal All New Xenia Bisa Diterima Konsumen

Harun Rasyid - Sabtu, 13 November 2021 | 20:15 WIB

Daihatsu Xenia di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show 2021. (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Daihatsu All New Xenia yang diluncurkan pada hari pertama GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, berubah total dengan desain yang lebih modern dan bertabur fitur canggih.

Generasi ketiga dari Daihatsu Xenia ini membawa pembaruan besar pada desain eksterior dan interior, begitu juga dengan hadirnya paket fitur keselamatan teranyar yakni A.S.A.(Advanced Safety Assist).

Mark Wijaya, Styling Design R&D Center PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, desain All New Xenia dengan konsep Sleek Design tercipta berkat kerja sama tim R&D Indonesia dan Daihatsu Motor Company (DMC) di Jepang.

"Dengan desain sporty, All New Xenia kami sebut sebagai next level R&D dari Daihatsu. Karena itu, mobil ini tidak perlu banyak menggunakan part berlabur chrome untuk tampil mewah karena hitam adalah warna chrome yang baru," ujarnya, Jumat (12/11/2021).

F Yosi/Otomotifnet
Bagian buritan Daihatsu All New Xenia 1.5 R CVT ADS


Namun sebelum desain Daihatsu All New Xenia tercipta, tim R&D ADM berusaha keras agar saudara kembar Toyota All New Avanza ini bisa diterima di Tanah Air.

"Kami sempat mengirimkan banyak proposal desain Xenia terbaru ke pihak DMC. Proposalnya bisa dibilang mulai dari A sampai F," sebut Mark.

Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, berujar apabila pihaknya sempat kurang yakin dengan desain Xenia generasi ketiga yang ditawarkan DMC.

"Setelah desain awalnya jadi, kami sempat enggak percaya diri karena waktu itu desainnya enggak cocok dengan selera konsumen di Indonesia yang suka desain sporty," ungkap pria yang akrab disapa pak Hen ini dalam kesempatan yang sama.

Baca Juga: Berubah Jadi FWD, Ini Alasan Daihatsu All New Xenia Tinggalkan Penggerak RWD, Apakah Andal di Tanjakan?