Ketua IMI Beri Apresiasi Motor Listrik BL-SEV01 yang Sukses Touring Jakarta-Mandalika

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Selasa, 12 Oktober 2021 | 16:55 WIB

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Bambang Soesatyo. (Muhammad Mavellyno Vedhitya - )

GridOto.com - Universitas Budi Luhur telah berhasil melakukan uji coba motor listrik Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) dengan rute Jakarta-Mandalika, Selasa (12/10/2021).

Setelah berhasil menempuh jarak sejauh 1.340 km, BL-SEV01 pun kembali ke Jakarta dan disambut oleh Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Bambang Soesatyo.

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini pun mengapresiasi akan kesuksesan uji coba BL-SEV01 ke Mandalika.

"Selamat kepada adik-adik sekalian, angkat topi saya dari IMI. IMI akan mensponsori motor listrik ini agar bisa diproduksi secara massal," ujar Bamsoet di Jakarta, Selasa (12/10/2021).

Dikatakan olehnya, Indonesia juga sudah memiliki satu motor listrik, Gesits, yang saat ini telah dipasarkan paling mahal Rp 24 jutaan.

Bamsoet pun terus mendorong supaya harga motor listrik dapat lebih terjangkau.

"Kita tahu Indonesia sedang membangun pabrik baterai, semoga itu bisa menekan harga dari kendaraan listrik sendiri. Sekali lagi selamat untuk BL-SEV01," ungkapnya.

Dari hasil uji coba Jakarta-Mandalika, tim RnD Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur berhasil memberikan banyak data dan informasi baru.

Baca Juga: Motor Listrik Karya Universitas Budi Luhur Cetak Rekor, Lakukan Touring Lintas Pulau dari Jakarta Hingga Mandalika

Baca Juga: Jalani Uji Coba Kedua, Top Speed Motor Listrik BL-SEV01 Besutan Universitas Budi Luhur Meningkat Jadi Segini

Vedhit/GridOto.com
Motor listrik BL-SEV01

Data-data tersebut akan digunakan untuk menghadirkan kendaraan listrik yang jauh lebih bertenaga dengan jangkauan lebih jauh, serta daya tahan lebih baik di masa depan.

Spesifikasi BL-SEV01 yang digunakan touring Jakarta-Mandalika ini dilengkapi dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga maksimal mencapai 16 kW, didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Catatan resmi pihak Universitas Budi Luhur menunjukan BL-SEV01 bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian 4 jam.