Bakal Semakin Ramah Lingkungan, Transjakarta Targetkan 80 Persen Armadanya Berupa Bus Listrik Pada 2030

Ruditya Yogi Wardana - Jumat, 8 Oktober 2021 | 20:20 WIB

Armada bus listrik Transjakarta. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Serangkaian uji coba pengoperasian bus listrik jadi langkah awal untuk merealisasikan misi besar PT Transjakarta.

Adapun misi tersebut yakni mentransformasikan armada bus Transjakarta menjadi berbasis energi listrik, agar kualitas udara di DKI Jakarta semakin lebih baik.

Hal tersebut sejalan dengan mimpi mendiang Direktur Utama PT Transjakarta, Sardjono Jhony Tjitrokusumo, yang ingin 80 armada Transjakarta merupakan bus listrik pada 2030 mendatang.

Menanggapi ini, Direktur Teknik da Fasilitas PT Transjakarta, Yoga Adiwinarto menuturkan, jajaran Transjakarta sudah bersiap untuk memulai transformasi elektrifikasi sesuai dengan mimpi Jhony.

"Apa yang sudah diperjuangkan mendiang Jhony dapat membawa Transjakarta jadi moda transportasi publik yang memberi kontribusi positif pada pengendalian kualitas udara Jakarta," ujarnya, dikutip dari Transjakarta.co.id.

Yoga menambahkan, jajaran Transjakarta juga akan menyalurkan seluruh tenaga dan pikiran guna mewujudkan mimpi Sardjono Jhony Tjitrokusumo.

Perlu diketahui, mendiang Sardjono Jhony Tjitrokusumo jadi salah satu orang yang ikut berusaha mewujudkan misi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, yakni menghadirkan bus listrik sebagai armada Transjakarta.

Jhony juga diketahui sempat memperkenalkan Transjakarta ke dunia ketika menghadiri 2021 International Zero Emission Bus Conference di Denver, Colorado, Ameriika Serikat pada 15-17 September 2021 lalu.

Baca Juga: TransJakarta Uji Coba Armada Bus Listrik Higer, Hanya Andalkan Merek Asal China Saja?