Apakah Kampas Ganda Aftermarket Buat Motor Matic Perlu Perawatan Khusus?

Muhammad Farhan - Senin, 30 Agustus 2021 | 07:30 WIB

Perbandingan antara kampas ganda aftermarket (atas) dan standar (bawah) (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Dibandingkan part bawaan motor, apakah kampas ganda aftermarket di motor matic perlu perawatan khusus supaya tetap awet dan bekerja maksimal?

Kampas ganda aftermarket di pasaran umumnya menawarkan performa lebih baik, sebab memakai material yang diklaim lebih berkualitas.

Jika kampas ganda bawaan motor umumnya pakai bahan organik, produk aftermarket pakai bahan campuran atau full carbon.

“Perbedaan bahan yang dipakai bisa terlihat langsung, kampas ganda standar bawaan motor warnanya krem. Kalau yang aftermarket biasanya abu-abu gelap,” ujar Griyan Kedia, owner bengkel 126 Project, spesialis upgrade CVT motor matic.

Baca Juga: Daftar Substitusi Kampas Ganda Motor Matic Jepang, Bisa Saling Tukar

Penggunaan bahan tersebut diyakini bikin CVT minim slip dan gredek serta lebih gigit sehingga akselerasi motor mengalami peningkatan.

Pakai bahan yang berbeda, apakah ada perbedaan soal kapan harus servis CVT dan beda cara dalam membersihkannya?

FB PCX160
Ilustrasi sektor CVT standar Honda PCX 160

“Untuk perawatan sebetulnya sama saja, tetap harus servis CVT secara rutin. Tujuannya supaya komponen transmisi tetap dalam kondisi bersih dan terlumasi dengan baik,” jawab mekanik yang bengkelnya di Jl. Pendowo No. 84, Limo, Depok, Jawa Barat.

Sebab kalau malas servis CVT, bukan enggak mungkin efeknya bisa bikin masalah gredek atau slip hadir kembali karena kondisinya kotor.

Baca Juga: Kapan Sebaiknya Servis CVT Motor Matic? Ini Saran Bengkel Spesialis