Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Masih Sedikit, Begini Solusi Nissan Untuk Mengisi Baterai Mobil Listrik

Muslimin Trisyuliono - Kamis, 19 Agustus 2021 | 10:36 WIB

Ini alasan mobil listrik Nissan Leaf (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Elektrifikasi kendaraan roda empat di Indonesia makin terlihat dengan diluncurkannya mobil listrik murni seperti Nissan Leaf pada Rabu (18/08/2021) kemarin.

Hal tersebut tentu sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Tapi bicara soal mobil listrik, salah satu kendala utama yang dialami konsumen di Tanah Air adalah infrastruktur stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang masih minim.

Tan Kim Piauw, selaku Sales & Marketing Director PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan solusi dari masalah tersebut.
 
"Banyak orang-orang yang mau membeli mobil listrik mempertanyakan kesiapan dari infrastruktur stasiun pengisian kendaraan listrik ini. Nissan Leaf sudah dipersiapkan dengan baik, setiap pembelian dari Nissan Leaf kami dilengkapi portable charger," ujar Tan Kim Piauw dalam konferensi pers virtual pada Rabu (18/8/2021).

Tan menjelaskan dengan dilengkapi portable charger bisa menjadi solusi bagi pemilik mobil listrik Nissan Leaf untuk bisa melakukan pengisian daya dengan mudah.

"Konsumen Nissan Leaf bisa melakukan mengisi daya di mana saja, di rumah, kantor atau di perjalanan selama di lokasi tersebut ada koneksi ke sumber listrik," ungkap Tan.

"Untuk mengatasi infrastruktur itu yang kami siapkan. Kami berharap pemerintah terus membangun jaringan-jaringan SPKLU, tentu menjadi sumber daya pengisian baterai ini," sambungnya.

Baca Juga: Setelah Dua Tahun Jadi 'Pajangan', Alasan Kenapa Mobil Listrik Nissan Leaf Baru Diluncurkan Akhirnya Terungkap