Awas! Hal Sepele Ini Bisa Jadi Penyebab Soket Sekring Motor Meleleh

Muhammad Farhan - Senin, 16 Agustus 2021 | 12:40 WIB

Ilustrasi sekring motor meleleh (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Awas efeknya berbahaya! Hal sepele seperti ini ternyata bisa menyebabkan soket sekring di motor jadi meleleh.

Pada sistem kelistrikan di motor, sekring berfungsi sebagai pengaman apabila terjadi hubungan arus pendek atau korsleting.

Nah soket sekring motor bisa meleleh umumnya karena dua hal, yaitu kesalahan pengguna serta adanya modifikasi di sektor kelistrikan.

“Contohnya pada saat bongkar pasang sekring, kondisinya tidak tertancap dengan pas sehingga sekring berpotensi kendur ketika motor dikendarai,” jelas Topik, dari Barokah Service, Jl. Moh Kahfi II No.33 Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Pasang Lampu Tambahan Bikin Sekring Sering Putus? Ini Faktanya

Jika dibiarkan, kondisi sekring yang kendur tersebut bisa menghasilkan percikan api dan membuat panas di rumah sekring sehingga jadi meleleh.

Selain itu, adanya modifikasi kelistrikan seperti penambahan beban berupa lampu atau klakson tambahan memakai jalur bawaan motor juga bisa jadi sebabnya.

Istimewa
box sekring motor honda beat, sekring terbakar tanda kerusakan serius?

“Penyebab lain yang mungkin enggak disangka adalah menggunakan sekring dengan kualitas jelek, sehingga mengganti sekring pun enggak bisa asal,” lengkapnya.

Meskipun terbilang aman untuk kondisi sementara, memakai sekring diluar ukuran yang seharusnya juga bisa menyebabkan soket sekring meleleh.

Baca Juga: Ini Beberapa Gejala yang Muncul Jika Sekring di Motor Putus